REVISI “DESAIN” MIMPIMU

REVISI “DESAIN” MIMPIMU

11.30
Revisi, sebuah kata yang tidak asing, dan saya yakin kebanyakan orang ketika mendengar kata ini pasti yang pertama kali terlintas di benaknya adalah konotasi negative. Dalam dunia kita sehari-hari kata ini lebih sering diartikan mengulangi atau memperbaiki suatu pekerjaan yang belum sepenuhnya benar. Akrab sekali dalam dunia akademis dan perkantoran. Biasanya berhubungan dengan karya tulisan berupa laporan atau proposal.

Tapi jangan salah dalam dunia desain grafis istilah yang satu ini juga familiar lho. Tapi apa hubungannya dengan mimpi? Ada dong, tapi sebelum kita membahas tentang revisi mimpi, simak dahulu pengantar dengan analogi dunia desain berikut ini.



“Hampir tiap kali ada order bisa dipastikan akan ada beberapa kali revisi untuk mencapai sebuah kesepakatan atau kepuasaan pelanggan. Mengapa karena bukan hal yang mudah menerjemahkan imajinasi client yang biasanya berupa diskripsi tentang suatu bentuk atau model . sehingga yang bisa dihasilkan pertama kali bisa dikatakan konsep dasar(draft), ada proses penyempurnaan di mana dalam proses ini, andil client dalam memberikan masukan sesuai keinginannya menjadi factor utama.

Misal sebuah order dari client sebuah kursus bahasa inggris di semarang yang menggunakan metode singapura. Proses awal adalah penyerahan materi desain, termasuk diskripsi lembaga, tujuan, tagline, dominasi warna yang di inginkan dan identik dengan obyek apa. Oleh penulis diterjemahkan menjadi gambar (1), kebetulan skali dengan penambahan siluet ikon singapura singa, pemilihan huruf, dominasi warna ungu dan ditambahakan potongan warna putih dengan sedikit transparansi serta bumbu shadaw, client merasa cocok.

Revisi yang ada adalah setelah lembaga ini meneliti secara seksama ada kesalahan pada ejaan, bukan ECS (English course Singapore), tetapi yang benar adalah ESC (English Singapore course). Artinya saya harus menggeser posisi siluet dari paling tepi ke tengah. Dan ditambahkan outline pada kepanjangan ESC, kali ini saya menggunakan teknik counture.hasilnya gambar (2)

Ini termasuk singkat lho, biasanya revisi bisa sampai sepuluh kali.



Semoga anda menjadi ngeh dengan analogi kata revisi dalam dunia gafis, untuk mengkaitkan dengan mimpi saya punya beberapa kesimpulan dari proses di atas,

1. Revisi bisa terjadi dengan syarat ada draft awal.

Begitu juga dalam terapan tentang cita-cita atau mimpi hidup kita, bagaimana bisa kita memperbaiki mimpi kalau belum punya mimpi, padahal salah satu kunci sukses dalam hidup harus punya mimpi atau cita-cita atau live mapping. pertanyaanya sudahkan anda bermimpi?

1. Revisi dilakukan apabila merasa apa yang sudah ada belum bisa memenuhi hasil yang di inginkan.

Aplikasinya, apabila ternyata dari sekian mimpi yang anda tulis atau rencanakan di perjalanan atau pada stage-stage tertentu setelah dievaluasi belum bahkan tidak sesuai dengan yang anda inginkan maka revisilah mimpi anda.

1. Revisi bukan berarti mengulang dari awal dan menghancurkan yang ada, tapi

lebih kepada memperbaiki atau menyempurnakan.

Ketika kita gagal dalam sebuah mimpi kita, berdasarkan pengalaman kita tidak harus mengubur mimpi yang ada dan mengganti dengan yang baru, cukup lakukan perbaikan dimana yang belum benar dan maksimal.



Dan sebagai kesimpulan, saya berpendapat apabila anda merasa bahwa saat ini kondisi anda tidak memungkinkan dengan mimpi anda, maka revisi mimpi itu agar anda bisa mencapainya. Dan kalau anda ingin lebih luar biasa dari sekarang di masa depan, maka segera tengok mimpi hidup anda dan segera revisi agar lebih baik. Satu-satunya cara memperbaiki apa yang pernah terjadi agar lebih baik di masa yang akan datang adalah dengan me-revisi mimpi kita.

Terima kasih, inspirasi revisi mimpi ini dari diskusi dengan mas P-Man.sampai jumpa ditulisan berikutnya.

Saya master nandar:

owner kios grafis nandarart



Terimakasih oder selama ramadhan:

- kartu nama-pak agus sugito (pendamping etos semarang)

- kartu nama-mas nurul ichsan (manajemen RPA UNDIP)

- kartu nama-mas p-man (CEO QMC semarang)

- kartu lebaran-yayi (RACANA UNDIP)

- video profile&kartu lebaran-panca (BEM FPIK UNDIP)

- kartu lebaran-aini (FOSIMMIK UNDIP)

- kartu lebaran-keluarga besar yendhi

- desain proposal-ana (DIMAS BEM KM UNDIP)

- sertifikat mawapres-revi (mawapres FISIP UB)

- backdrop&plakat-eka (DESPOL UNDIP)

- plakat-yudit (TIM KKL SOSEK FAPET UNDIP)

- jam dinding-mas wahyu (DPUDT semarang)

- pin ekslusif-ika (FAPET UNDIP)

- desain warung angkring bamboo-pak siswadi

- kaos-ryan (peek a boo punk rock band)



dan teman-teman semuanya, semoga bemanfaat:

hotline:085226967675
Dont stop Dreaming

Dont stop Dreaming

11.28
jangan berhenti bermimpi, ini istilah yang tidak asing dalam dunia motivasi sebagai mantra yang harus dilakukan oleh orang yang ingin meraih kesuksesan. lebih tepatnya bermimpi ketika trjaga yang katanya lebih sulit dari pada bermimpi dalam lelap. tidak salah ungkapan ini, bermimpi dalam terjaga lebih familiar kita sebut sebagai cita-cita dimana kita juga harus menentukan langkah untuk mnggapainya, bukan sekedar bermimpi.

tapi kali ini bukan tentang hal di atas yang akan saya kupas, tetapi tentang prinsip dasar atau lebih kerennya idealisme seorangang desainer dan kaitannya dengan mimpi. kami (baca: mayoritas) para desainer menjadikan mimpi sebagai modal dasar dan kekuatan untuk terus maju. ketika kami berhenti bermimpi (baca:berimajinasi) maka saat itu juga kami bisa dikatakan desainer yang mati. dalam dunia kami, hasil karya kami adalah buah dari mimpi-imajinasi saat terjaga. ini merupakan sebuah proses kreatif dalam mengerjkan sebuah produk grafis. mimpi/imajinasi menjadi alur proses ke dua setelah menerima materi dari client (ketika menggarap job)dan disimilah inspirasi mulai muncul yang selanjutnya menerjemah kan imajinasi itu dalam bentuk nyata dan mencari langkah-langkah mencapainya.

kekuatan sebuah prosuk desain grafis bukan hanya terletak dari kualitas bentuk, pencampuran warna atau pemilihan huruf serta tata letaknya saja, tetapi lebih jauh dan lebih dalam itu inspirasi ketika menggoreskan kuas-kuas grafis di layer yang menjadi rus sejati produk sebiuah grafis. inspirasi adalah latar belakang dan tujuan(lebih dekat dengan makna harapan) produk grafis yang dihasilkan bisa menginspirasi orang lain atau mewakili suatu perasaan atas kondisi tertentu.

ini salah satu mengapa karya atau produk grafis menjadi tak ternilai harganya, karena ia bukan produk yang bisa dihitung berapa modal membuatnya, biaya bahan baku, biasa produksi atau variabel lain yang wajar digunakan untuk menentukan suatu produk. tapi karya grafis (termasuk keluarga besar karya seni) adalah produk hati yang berkolaborasi dengan otak kanan. ini tentang nilai seni, estetika, dan keindahan. lalu bagaimana menentukan harga suatu karya seni, setiap desainer memiliki patokan tertentu. tapi saya yakin bahwa kepuasan terbesar bukan berada nominal materi harga karya grafis itu, tetapi dengan diterima nya sebuah karya dan tujuan-tujuan di atas itulah bayaran termahal yang tak ternilai.

note:

desain grafis menurut wikipedia:

dalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).



terimakasih untu semua client yang telah percaya dan mengapresiasi karya-karya desain dari nandarart, semoga dilain kesempatan bisa bekerjasama lagi:LMT TRUSCO JATENG,LMT QMC JATENG,UNDIP,UNNES,PT RAN NUSANTARA, D'BOX STUDIO JATENG,BANDENG MINA HASA, PRIMAGAMA ENGLISH SEMARANG,SUGIHNOM UNIVERSITY semarang, LEMBIMJAR ANTUSIAS,LEMBIMJAR CERAH, ESC english singapore course, GLOBAL IT, MANDIRI ART, BEM FPIK UNDIP, BEM KM UNDIP, SENAT Mahasiswa PSIKOLOGI, TIM PKMM FKM UNDIP, DIMAS BEM KM,Beastudi etos Semarang, KAMPUNG CERDAS tembalang, Banana Village Rowosari, Angkring Bambu soto resto,KM ANNAHL FAPET UNDIP, BEM FAAPET UNDIP, HIMA FB UNNES,DPM UNNES,FOSIAR Pati, RPA Semarang...dan masih banyak lagi yang lainnya



sukses selalu untuk kita semua

salam

NANDAR

master nandarart
085 22 69 67 67 5