MAKNA KEWIRAUSAHAAN

08.57


apa itu WIRAUSAHA?

Di seluruh dunia banyak orang yang mempekerjakan diri sendiri. Mereka memiliki usaha kecil mereka sendiri di mana mereka membuat produk seperti mebel, sepatu, baju, atau menawarkan jasa (misalnya perbaikan mobil, radio). Sementara lainnya adalah para pedagang yang menjual produk mereka di pasar atau di toko pengecer kecil mereka.
Semua mereka ini memiliki kesamaan, yaitu mereka menjalankan usaha kecil. Beberapa ciri usaha skala kecil adalah:
-Manajer usaha biasanya pemilik sendiri
-Usaha memiliki jumlah karyawan yang terbatas
-Wilayah operasinya sempit (pasar lokal)
-Sebagian besar keputusan dibuat oleh pemilik
-Ada komunikasi terbuka (dengan karyawan, pelanggan) di tingkat pribadi
-Pemilik (dan karyawan) mengerjakan berbagai tugas

Mempekerjakan diri sendiri tidak mudah. Tidak semua kita mampu menjalankan usaha dengan baik. Banyak keberhasilan usaha bergantung kepada kualitas dan keterampilan pribadi pemilik. Sementara kalangan mengatakan bahwa Anda harus terlahir dengan kualitas ini, sementara kalangan lain mengatakan Anda bisa mengmbangkannya melalui pelatihan.

Kewirausahaan dalam arti luas

       Dalam arti yang lebih luas, usaha adalah ide teridentifikasi yang diwujudkan menjadi suatu kegiatan yang direncanakan dan dilaksanakan secara memuaskan. Dalam pengertian yang lebih sempit, kewirausahaan mengacu pada usaha atau kegiatan bisnis. Secara praktis semua proyek dan kegiatan dapat disebut sebagai usaha jika kelima langkah berikut ini diikuti, yaitu:
-mengidentifikasi ide
-merencanakan
-melaksanakan
-menuntaskan kegiatan dengan sukses
-memperoleh hasil

     Anda bisa menjadi laki-laki atau wanita pengusaha jika Anda konsisten dalam mengikuti secara sistematis proses di atas sewaktu-waktu anda menghadapi permasalahan dalam hidup Anda. Dengan memahami konsep usaha dalam konteks di atas, Anda dapat memahami bahwa banyak orang mempunyai potensi untuk menjadi wirausahawan, dan bahkan anda dapat mewujudkan usaha bisnis anda sendiri. Perbedaan antara wirausahawan/wati yang bisa menghadapi secara positif tantangan-tantangan dan masalah-masalah yang mereka hadapi dalam kehidupan sehari-hari, dengan orang-orang yang tidak bisa melakukannya dapat ditemukan dalam pendekatan dan sikap mereka ketika menghadapi persoalan dan memecahkan masalah.

     Sifat kewirausahaan dapat mendatangkan manfaat bagi Anda sebagai individu, dan dapat pula membantu Anda untuk menjadi orang yang berharga di keluarga Anda, komunitas, tempat bekerja dan masyarakat umum. Secara spesifik sifat kewirausahaan akan membuat anda mencapai banyak hal, dan Anda akan menonjol di tengah orang banyak karena sikap dan pendekatan sistematis Anda terhadap berbagai permasalahan. Dengan menggunakan pendekatan seorang wirausahawan Anda akan tahu apa yang akan anda lakukan dalam kondisi apapun yang harus Anda hadapi. Pendekatan seperti ini akan membuat Anda ikhlas menghadapi segala tantangan hidup Anda karena umumnya Anda akan mampu mengubah semua tantangan menjadi hasil yang positif.

Untuk membantu Anda mengembangkan sifat kewirausahawan, Anda perlu untuk mengingat WIRAUSAHA;

W – Walau bagaimanapun tetap berenergi
    Bekerja keras, tapi juga dengan cara yang pintar, adalah kunci dalam kewirausahawan. Banyak kekuatan mental dan fisik dibutuhkan untuk bisa menghadapi semua tantangan dan untuk berhasil menyelesaikan suatu proyek. Untuk mempertahankan energi ini, Anda perlu merangsang otak dan semua indera – penglihatan, pendengaran, sentuhan, penciuman dan selera sehingga semua siaga dalam mengenali apa yang perlu dilakukan dalam situasi yang berbeda. Anda juga perlu sehat dan secara fisik fit. 

I – Ingin berprestasi
    Anda mempunyai motivasi untuk mencapai kesuksesan dan melakukan semua kegiatan Anda. Sikap dan pemahaman Anda memungkinkan Anda bekerja untuk mendapat hasil yang diharapkan setiap kali Anda berniat melakukan sesuatu. Pendekatan ini membuat Anda bekerja lebih keras daripada orang lain.

R – Rela berorientasi pada tugas
    Anda yakin bahwa untuk mencapai hasil yang memuaskan, Anda perlu mengerjakan dan menyelesaikan tugas secara baik dan tepat waktu. Efisiensi, keefektifan dan pengaturan waktu adalah aspek-aspek penting yang membuat Anda dapat mampu menyelesaikan pekerjaan. Kemampuan untuk berfokus pada hasil kerja membantu Anda untuk berkonsentrasi pada apapun yang Anda ingin lakukan.

A – Ada empati
    Anda secara mental mampu menempatkan diri Anda pada posisi orang atau orang-orang yang ingin Anda pengaruhi. Anda ingin merasakan apa yang mereka rasakan. Anda bisa memposisikan diri anda di posisi mereka. Dalam usaha bisnis Anda dapat membayangkan bagaimana perasaan seorang pelanggan potensial.


– Usaha memerlukan banyak sumberdaya
   Anda mampu memberi kepemimpinan dan pengarahan yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha. Identifikasi, pengerahan dan penggunaan secara efektif sumberdaya-sumberdaya fisik maupun non fisik sangat penting untuk menjalankan proses usaha.

S – Selalu membutuhkan perencanaan
    Supaya dapat melihat gambaran keseluruhan usaha dalam pengertian mengapa harus didirikan, apa harus dilakukan, bagaimana melakukannya, siapa yang akan melakukannya dan kapan akan dilakukan, perlu dibuat suatu rencana tertulis. Rencana tertulis dapat menjelaskan situasi dan memudahkan pengambilan keputusan, apakah akan melaksanakan berbagai kegiatan yang akan menghasilkan usaha yang direncanakan atau tidak. Perencanaan yang matang akan memberikan indikasi apakah bisnis cenderung menguntungkan.

– Akan Mengambil Resiko
    Keputusan untuk maju dan memulai usaha atau melakukan aktifitas harus dibuat. Semua wirausahawan maupun wirausahawati membuat keputusan ini hanya setelah mereka melakukan sejumlah penelitian, sehingga pada akhirnya mereka biasanya mampu mencapai hasil, sukses dan mendapat keuntungannya. Anda selalu harus mengambil langkah pertama, karena hal ini menandai perbedaan antara wirausahawan/wirausahawati dengan mereka yang bukan wirausahawan/wirausahawati. Sukses dimulai dari keputusan untuk memulai bergerak ke arah yang benar dan sesuai dengan yang diinginkan.

H – Harus memiliki Inovasi
    Kemampuan menerapkan ide-ide baru yang akan memungkinkan Anda menjalankan aktifitas secara berbeda merupakan ciri lain dari laki-laki dan perempuan yang berjiwa wirausaha. Melalui inisiatif, imajinasi, intuisi dan pengetahuan individu, Anda akan dapat mengubah sesuatu, atau menemukan cara mengerjakan sesuatu untuk berakomodasi dengan situasi baru yang Anda hadapi. Informasi mengenai berbagai permasalahan dan bidang adalah masukan penting untuk menjadi inovatif. Maka, wirausahawan/ wati sangat menghargai informasi dan selalu waspada dan senantiasa melakukan penelitian. 

A – Ada keterampilan
  Wirausahawan dan wirausawati mempunyai kemampuan atau pengetahuan yang memungkinkan mereka untuk melakukan dan menyelesaikan aktivitas. Kebanyakan laki-laki dan perempuan yang berjiwa wirausaha mempunyai pengetahuan yang cukup, sikap dan keterampilan praktis yang dapat bermanfaat ketika melakukan usaha. Maka, Anda harus mengevaluasi bakat dan tingkat keterampilan yang Anda miliki dan bagaimana ini bisa dikombinasikan untuk mewujudkan usaha. Bakat dan keterampilan yang diperoleh harus senantiasa dimanfaatkan dan diterapkan, jika tidak, bakat dan keterampilan akan dilupakan dan terbuang.

A – Ada Daya Tahan
    Banyak tantangan yang harus dihadapi ketika mencoba untuk mendirikan suatu usaha. Perempuan menghadapi tantangan yang spesifik, beberapa di antaranya negatif dan mengendorkan semangat. Untuk mewujudkan usaha yang akan memberi keuntungan yang Anda harapkan, penting artinya kemampuan untuk tetap berada pada jalur meskipun banyak tantangan di sepanjang jalan. Kesabaran, ketekunan dan kepercayaan diri adalah beberapa sikap yang harus anda miliki untuk bertahan terhadap tantangan mental dan fisik yang akan Anda hadapi. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komentar Disini :