Menghadapi Perang Harga

05.35

    Ketika mulai bermunculan bisnis yang sejenis beberapa rekan di tempat saya bekerja sempat mengungkap kekhawatirannya, wajar saya bilang yang pasti bakal ada persaingan baru salah satu yang bisa dipastikan adalah persaingan harga, apalagi jika pesaing baru memiliki alat sendiri.
    Bagaimna kita menyikapinya? apakah kita akan tergilas? ada kekhawatiran iya, tapi bukan berarti dunia akan berakhir he..he..apabila persaingannya di medan perang harga maka saya bilang HARGA bukan jadi satu-satunya alasan customer membeli jasa dan produk kita tapi masih ada faktor lain yang masih kita jadikan senjata untuk bersaing dalam sebuah bisnis,
apa saja itu mari kita bahas..

1. Kualitas 
     Bahwa ada customer yang membeli jasa dan produk karena harga yang lebih murah adalah iya, tapi ada juga sebagian lagi customer yang lebih mementingkan kualitas, mereka bersedia membayar lebih untuk sebuah produk yang dengan kualitas yang lebih baik. kualitas yang lebih baik membuat produk bertahan lebih lama - kualitas yang lebih baik hampir bisa dipatikan berarti pelayanan atas jasa yang lebih baik sehingga menghemat biaya dalm jangka waktu panjang. jadi kalau kalah di persaingan harga jaangan sampai kalah di persaingan kualitas. kalau pasar jasa dan produk anda yang harga murah diambil kompetitor,  anda masih ada customer yang akan membeli jasa dan produk anda karena kualitasnya .

2. Kecepatan dan Ketepatan Waktu
   ini terkait waktu, kecenderungan harga murah identik dengan jasa dan produk dengan waktu pengerjaan yang relatif lebih lama atau bisa jadi karena harga murah banyak yang mau memesan atau membeli maka jadi tidak tepat waktu, kembali lagi akan selalu ada irisan kue customer yang menginginkan kecepatan pengerjaan jasa dan produk serta ketepatan waktu, bisa jadi karena kebutuhan yang mendesak dll maka customer seperti ini akan rela membayar jasa dan produk anda dengan harga lebih.

3. Pelayanan
   Sekali lagi tidak semua customer membeli jasa dan produk melulu karena HARGA yang lebih murah, ada customer yang walaupun harga jasa dan produk sama atau lebih mahal tetap datang dan membelinya salah satu sebabnya adalah pelayanan yang prima, biasanya hal yang berhubungan dengan pelayanan ini adalah kedekatan-kehangatan dalam melayani customer, jadi customer merasa puas dan nyaman karena merasa bukan sekedar pembeli. Pelayanan yang prima ini bisa terwujud jika melayani dari hati bukan sekedar ucapan "selamat datang-selamat belanja" sebagai SOP yang harus diucapkan ketika customer datang tanpa senyum apalagi melihat wajah customer he..he..

4. Kreativitas
     satu hal ini mahal harganya jika anda mempunyainya akan tak ternilai harganya, berdasar pengalaman kebanyakan customer saya yang datang kembali untuk jasa dan produk saya mengatakan karena kreativitas kami berbeda, dengan jenis produk dan harga yang sama atau bahkan lebih mahal mereka tetap berkenan membeli bahkan repeat order karena mencari hasil dengan kretivitas bukan sekedar produk asal jadi dan pasaran.

   Sebagai penutup, persaingan itu hukumnya pasti maka kita harus bersiap agar tetap mampu bersaing maka kita harus memilki sebuah senjata andalah yang menjadi nilai unggul dibanding dengan pesaing kita, katika kita kalah dalam beberapa pertarungan tertentu tetap kita masih nilai unggul yang membuat customer tetap berkenan membeli jasa dan produk kita.
     satu lagi, kebanyakan kekhawatiran dari persaingan tentunya bermuara pada pertanyaan "bagaimana kalau rejeki kita jadi berkurang bahkan hilang karena salah saing?" untuk menjawab pertanyaan itu setidakny saya sudah coba memberikan 3 solusi agar tetap bisa bertahan, dan sebagai garansi saya ingin menyampaikan sebuah teori Langit bahwa pada dasarnya setiap manusia di ciptakan Allah SWT dengan rejeki masing-masing jadi gak usah terlalu khawatir dengan ketakukan rejeki kita akan diambil orang lain, selama kita sudah BerDoa berusaha selanjutnya berserah diri. masalah jumlah itu menurut saya tergantung dengan kebutuhan dan usaha kita, bisa jadi karena menurut Allah swt segitu kebutuhan kita dan atau usaha kita yang belum maksimal, maksudnya mungkin Allah swt ingin kita berusaha lebih maksimal lagi :)

semoga bermanfaat

saya Nandar
salam kreative :)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komentar Disini :