Apa yang Harus dilakukan ketika bisnis "sepi" ?

23.03

     Hai..sobat apa kabar februari ini? semoga makin keren aja ya :)
tahukah sobat dalam bisnis juga dikenal istilah "musim" sebagaimana kita mengenal musim hujan dan musim kemarau he..he.. salah satu istilah yang populer adalah "Peak Season" dan "Low Season"
   
    Peak season biasanya istilah untuk menggambarkan di mana bisnis sedang on fire lagi laris manis banget dimana omzet dan lamba ada di puncaknya. Sebagai contoh misal berjualan kue kering peak seasonnya pada puasa dan lebaran. Sedangkan low season sudah pasti kebailkannya yaitu dimana sebuah bisnis berada di situasi omzet dan laba dititik terendah sepi-sepinya nya lah begitu kurang lebih. Misalnya bisnis makanaan yang di sekitar kampus yang hanya mengandalkan pasar terbesar mahasiswa biasanya pas liburan bakal turun drastis.

  Nah mengapa judulnya saya kasih tanda petik untuk memberikan penjelasan bahwa salah satu indikator bisnis dikatakan sehat apabila ketika di low season ia tetap mampu memenuhi pengeluaran pokok atau oprasional (gaji-operasional). Dan pada umumnya bisnis yang mengalami low season ini adalah bisnis yang mempunyai pasar dengan prilaku pada musim tertentu banyak melakukan belanja dan pada musim tertentu kurang melakaukan belanja.

  Oke kita masuk pada pembahasan apa saja yang bisa kita lakukan di saat kedua season itu, akan lebih banyak yang low season yah pembahasannya yuksss..

   Apabila di peak season gak ngapain-ngapain juga sudah banyak omzet dan laba sudah pasti gedhe akan tapi gak boleh terlena juga. Justru lagi di peak season kita harus memaksimalkan agar makin maksimal diantaranya :

- Tetap menjaga kualitas produk dan pelayanan 
  ketika ramai pembeli maka jangan smapai jadi alesan untuk pelayan yang       gak maksimal

- Menjaga stok produk 
  sudah tahu bakal ramai pembeli maka stok produk harus mencukupi gak lucu   kan pas banyak yang mau beli tapi stok gak ada.

Berikutnya sekarang masuk pada low season menurut saya ada 2 usaha besar yang bisa dikategorikan ketika menghadapi low season yang pertama usaha menjaga suistanable omzet dan laba artinya ketika segmen pasar utama sedang sepi transaksi harus tetap ada yang beli diantaranya dengan;

- Membuat Promo
  agar customer tertarik belanja bisa dengan membuat promo diskon misalnya,   memang konsekuensinya untung per itemnya berkurang tapi kalau jumlah       produk yang dijual  bisa diperbesar maka hasilnya kan sama besar :)

- Mencari segmentasi pasar lain yang bukan pasar utama yg punya musiman,     biasanya prosentasi jumlah customer yang tidak dipengaruhi musim itu kecil   tapi biasanya jumlah nilai transaknya besar dan tidak bergantung musim.

- Mencari Proyek 
  ada salah satu teori mengatakn bisnis yang bagus adalah bisnis yang punya   pemasukan retail yang bisa diandalkan untuk cashflow harian dan                   proyek yang sifatnya dalam kurun waktu tertentu insidental.

next selain itu momen low season juga sebenarnya "aji mumpung" apalagi untuk bisnis yang punya rutinitas tinggi yaitu saatnya untuk perbaikan internal diataranya

- Evalusi program-program yang sudah berjalan serta menetapkan strategi apa   yang kan disiapkan untuk kembali ke peak seaon

- Evaluasi internal bisnis tentang SDM, administrasi dan lain

- Beres dan rapikan kantor atau outlet mumpung lagi sepi order bisa buat dekorasi ulang kantor misalnya biar nanti pas rami lagi sudah rapi dan customer nyaman :)

itu diantara tips-tips menghadapi peak dan low season mungkin diantara penbaca ada yang berpendpat beda atau punya tips yang lain monggo di share

semoga bermanfaat :) 

saya nanadar



DREAM TEAM LOETJU 2014

22.33
Terima kasih untuk Do'a - Semangat dan Dedikasinya semoga Allah swt membalas dengan sebaik-baik balasan amin-amin :)


" Dan Yang mempersatukan hati mereka (orang-orang yang beriman)[622]. Walaupun kamu membelanjakan semua (kekayaan) yang berada di bumi, niscaya kamu tidak dapat mempersatukan hati mereka, akan tetapi Allah telah mempersatukan hati mereka. Sesungguhnya Dia Maha Gagah lagi Maha Bijaksana. "
Al Anfal : 63

DO’A & AKSI PEDULI BANJIR INDONESIA

04.20

      Semarang. Minggu 26 januari pagi yang cerah matahari bersinar hangat puluhan mahasiswa yang tergabung dalam gerakan “Doa dan aksi peduli banjir” meramaikan CFD di kawasan taman KB simpang lima semarang. Mereka terdiri dari berbagai elemen komunitas dan organisasi mahasiswa di tembalang ada dari para penerima beastudi etos – ikatan alumni beastudi etos - BEM KM UNDIP – rohis INSANI - FSLDK dan puskomda.

      Aksi yang dimulai jam 7 pagi tadi tergolong unik dan kreativ selain membuka posko dan memasang spanduk di taman KB juga ada pasukan galang bantuan korban bajir berupa “pasukan kardus” yaitu mahasiswa-mahasiswa peserta aksi yang membawa kardus bertuliskan aksi galang dana untuk korban banjir. Menurut pantauan ada sekitar 50-an mahasiswa yang memakai jas almamater biru khas undip.

     Untuk menarik simpati warga semarang peserta aksi juga menggelar aksi teatrikal yang menggambarkan kondisi pengungsi korban banjir-kemudian ada relawan yang menolong serta pesan tentang kepedulian dan tips-tips menghadapi dan mencegah banjir. Lengkap dengan kostum dan aneka atribut seperti kasur-pelampung dll sehingga bisa memberi ilustrasi  kondisi korban banjir. Ada juga yang membagikan stiker kepada warga semarang pengunjung CFD.

      Menurut Royan korlap kegiatan ini selain acara galang dana dan menyalurkannya dari mereka juga sudah mengirim perwakilan relawan ke daerah banjir tepatnya di daerah kudus dan pati yang hingga acara hari ini masih terdampak banjir. “ hasil dari galang dana ini akan kami salurkan ke korban dan kegiatan ini kami bekerjasama dengan Dompet Dhuafa jateng divisi Disaster manajemen ” tambah Royan.

     Sementara itu menurut mbak Ganda salah satu pengunjung CFD yang berpasrtisipasi mengatakan salut dengan aksi seperti itu dia menyarankan agar tidak hanya di CFD simpang lima agar masyaraakat lain yang ingin membantu juga bisa berpartisipasi dan tidak hanya satu hari. Keselurahan dari pantauan masyarakat antusisas dengan acara ini.

    Menanggapi saran dari pengunjung khusnul mahasiswa undip yg menjadi penanggung jawab acara ini menjelaskan bahwa selain acara galang dana pagi ini selama seminggu ke depan masih akan ada kegiatan serupa di sekitar tembalang dan semarang serta bagi siapa pun masyarakat yang ingin membantu mereka membuka posko di Jl. Banjarsari Gg. Iwenisari no. 7A tembalang semarang tepatnya di Asrama Etos Putri.


      Terpantau makin siang makin ramai terbukti bergabung juga dari mahaisswa UNNES – IAIN - dan IKIP PGRI hingga acara ditutup jam 9 tadi donasi yang terkumpul dari acara pagi ini saja sudah mencapai Rp 5.064.400,- acara ditutup dengan sarapan bareng dan poto bersama. nandar








                      Peserta Aksi

GAUL itu gak Golput :)

00.56
     Pemilu 2009 tinggal menghitung hari, kurang dari 4 bulan lagi sob. Di tengah hiruk-pikuk tentang pemilu - kampanye dll, ada juga yang mengkampanyekan gerakan golput terlebih menyasar berbagai calon anggota legistalif. Nah sebagai anak muda saya cukup prihatain dengan situasi ini, tapi sebelum masuk ke pembahasan golput and gak golput saya lebih tertarik bicara tentang sebagai anak muda kenapa sih kita harus peduli dan melek dengan demokrasi-politik parpol dan pemilu. 

    Saya akan mulai dengan pendapat pribadi yang mendasar, bahwa kita semua ingin hidup yang lebih baik kan lebih sejahtera lebih nyaman di negeri ini kan?, okey ada yang bilang untuk mencapai itu semua harus dimulai dari diri sendiri dengan belajar yang rajin bagi yang masih pelajar, bekerja keras dan bersungguh-sungguh agar kualitas hidup jadi lebih baik saya setuju itu semua, saya sebut sebagai kesadaran individu. Setidaknya kalau kita benar menjalani hidup secara individu kita sudah menolong diri sendiri dan tidak merepotkan keluarga serta masayrakat *asyikk :)

   Berikutnya ketika selesai dengan diri sendiri, mari coba dengan lingkaran yang lebih luas, yaitu keluarga; mulai memikirkan apa yang bisa kita lakukan untuk keluarga kita agar lebih baik-sejahtera dll misalnya dengan menjaga keharmonisan keluarga, berprestasi agar keluarga bangga bekerja agar kesehjeraan keluarga mingkat dll.

  Lebih luas lagi lingkarannya ketika kita sudah selesai dengan lingkaran keluarga kita pasti ingin dong pribadi yang sudah baik keluarga yang sudah sejtera juga berdampak kepada masyrakat di sekitar kita?, nah mulailah kita berpartisipasi di lingkungan masayrakat misalnya hal sederhana kegiatan di lingkungan Karangtaruna RT RW desa dan kelurahan.

   Nah Bro-Sist yang keren abis sampai di sini sebenarnya sudah gaul habis kalau kita sebagai anak muda punya kesadaran sampai bagaimana ikut berperan aktif dalam usaha meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan ligkungan masyarakat. Berikutnya nih biar tambah Gaul habis bagaimana kalau kita juga mulai memikirkan dengan bangsa dan negara kita dengan pola pikir yang sama yang telah kita coba di lingkungan kita pribadi, keluarga dan masyrakat sekitar.

   Saya mulai masuk ke pembahasan tentang politik-parpol dan pemilu serta posisi kita sebagai anak muda ya prends. Perlu kita ketahui prend begitu banyak hal-hal yang berkaitan dengan bangsa dan negara ini masih di tentukan dari politik, contoh sederhana mulai dari bupati sampai prsiden wakil rakyat di DPR undang-undang dan aneka peraturan dan kebijaksanaan pemerintah sampai hari ini masih dari jalur politik. artinya mau tidak mau faktanya masih banyak politik berperan di negara kita yang lagi eufria tentang era demokrasi ini. So kita mau tahu atau gak mau, pelduli atau enggak ikut di dalamnya atau enggak kehidupan kita juga diatur dari proses politik. kalau di suruh milih saya pribadi bakal ikutan dong dari pada jadi sekedar obyek he..he..

   Kalau gak suka partai polotik atau tidak ingin terjun ke politik gak masalah peran membangun bangsa ini masih banyak dari sisi yang lain pendidikan, ekonomi kemandirian, kesadaran sosial dll. Tapiii.. setidaknya sebagai generasi muda kita harus peduli dengan berbagai masalah dan isu politik bahasa saya; " yuk gaul sama politik" biar kita gak culun jadi kalau ada yang tidak lurus sebagaimana mestinya kita bisa ikut meluraskan, minimal melaui pendapat saran dan kritik di media apapun sosmed misalnya, tapi kalau kita sudah anti pati sama dinamika politik kan gak bagus kan yah.. :)

   Terakhir dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pemilu 2009 yang kurang lebih 187 juta pemilih generasi muda (usia antara 17-30 tahun) ada sekitar 64 juta jiwa hampir seperiga *sindo Senin 16 Desember 2013. Artinya kita di posisi penting di pemilu 2014, fakta bahwa tidak semua calon presiden dan anggota legilatif tidak sempurna adalah IYA, apalagi dari 5 tahun track recod banyak yang terjerat aneka kasus. 
   
  Tapi mau gimana lagi pemilu sudah di depan mata sistem kita masih menganut pemilihan yang demikian melalui partai politik dll. kita selesaikan pemilu tahun ini, kalau ada yang kita gak setuju dengan sitem ini stelah ini kita bicarakan solusinya hadapi yang di depan mata. Golput menurut saya bukan tindakan KEREN bagi anak muda. Kita pasti sepakat bahwa semua parpol tujuannya mulia gak ada parpol yang tujuannya menyengsarakan rakyat indonesia cek aja di vsisi-mis masing-masing parpol kalau dalam pelaksanakan belum maksimal atau menyimpang menurut saya lebih karena kemampuan orang-oangnya yang terbatas dan kadang khilaf, jadi dari sekian parpol yang belum sempurna pasti ada yang paling baik menurt kita juga diantara calon2 DPR pasti juga ada yang setidaknya paling baik, mari kita berperan dengan ikut memilih menitipan suara kita agar di kemudian hari ketika mereka yang kita pilih salah kita bisa Menegur sebagai pemilih.

Begitu teman-teman generasi Muda yuks.. peduli dengan kondosi di sekitar kita dan ikut berpartisipasi salam... " Peace Love n Gaul :) "

saya Nandar
#serial mindset: di Dunia Apa yang Kau Cari???

#serial mindset: di Dunia Apa yang Kau Cari???

10.13

    Apa kabar sodara2ku yang di Cintai Allah SWT ? semoga senantiasa dalam limpahan Karunia Nya :) 

judul artikel kali ini teringat ketika kunjungan ke pesantren Modern Gontor yg fenomenal banyak di kenal di novel negeri 5 menara bersama keluarga besar Beastudi Etos semarang, di pintu gerbang tertulis tulisan Besar "Ke Gontor apa yang kau cari?? " 



latar belakang berikut dari artikel ini adalah dalam bulan November saya bertemu dengan 3 senior saya, dan diskusi panjang lebar yaitu; 



->pak Agus sugito ketika saya ngalor ngidul cerita ttg membuat skenario agar orang2 dekat saya, keluarga, ponakan, tetangga dll tetap produktif dengan berbagai sarana yang mungkin dilakukan, semua rencana saya mentah hanya dengan pernyataan "bukan sarananya yg utama le, tapi yg lebih penting adalah pemahaman ttg makna hidup dan kehidupan" #jlebb 
->berikutnya adalah mas Pariman, sambil makan garang asem kami berdiskusi, bagaimana idealnya kita menjalani hidup ini, selalu bikin mikir dalem kalau diskusi sama Psikolog :D 
-> dan yang baru saja bertemu pak Siswadi, panjang lebar cerita pekerjaan dan bisnis masing2 sampailah pada bahasan tentang sebuah ruang kosong , dann itu juga yang pernah saya rasakan ketika menjalani keseharian ngurusi usaha, ada satu titik di mana dalam runitas itu ada yg terlewat sebagai ruang kosong yang harus di isi. 



bingung coba merangkum apa yang hendak saya tulis, dan ktemulah artikel dari Coach Bisnis saya di program Coaching bisnis bank Mandiri, dari coach Yuza, semoga bisa mewakili apa yang ingin saya sampaikan :) : 



Day Dreaming or Is it Possible 
By COACH Yusa Aziz, Master & Mentor COACH from iCOACH 



     Seorang Entrepreneur menghadap saya minggu lalu, dan bertanya apakah benar bahwa sebuah teori yang mengatakan bahwa seharusnya kinerja seorang Pengusaha atau Entreprenuer selayaknya hanyalah Jual Beli Business??? Maksudnya Beli Business (Buy a business) adalah menciptakan ide business menjadi sebuah business riil…. atau bisa juga beli business adalah benar-benar membeli dari seorang pemiliki sebuah business yang hampir bangkrut atau yang sedang berjalan baik atau yang berjalan biasa saja….. Kemudian Business ini dibangun kembali atau dijalankan untuk ditingkatkan Cashflow dan profitnya sehingga si Pembeli bisa menikmati profit & cash tersebut… 



    Setelah Solid Business-nya berjalan dan puas mendapatkan profit & cash dari business tersebut, barulah bisa jadi Entrepreneur tersebut menjual Business itu dengan cara berbagai macam, apakah itu dengan cara IPO (Initial Public Offering), Franchising, Jual secara privat, dsb.. Well, memang itu idealnya dan seperti yang dilakukan oleh legendaris pengusaha LN(Luar Negeri) maupun DN(Dalam Negeri).. 



    Tetapi kenyataannya: Berapa banyak pengusaha yang BARU dalam TAHAP MEMBELI BUSINESS saja sudah TERTIPU?? Due Dilligent benar-benar tidak bisa diketahui apa yang terjadi didalamnya… Hanya melihat gambaran laporan keuangan, laporan keuangan bisa digoreng dan disulap, ALAKAZAM… jadilah laporan keuangan yang Biru atau Hijau semua… Kalau Anda lulus dan taruhlah Anda membeli sebuah Business yang baik dan lumayan, maka PHASE ke 2 adalah TANTANGAN sebenarnya…. Yaitu MEMBANGUN BUSINESS… Inilah tantangan REAL-nya…. Jangan dipikir membangun Business melalui “Membangun Team dan Membangun Process” itu MUDAH… Banyak Faktor dan hal-hal detil yang harus dikerjakan dan dibiasakan sampai TEAM Anda yang telah Anda bentuk menjadi TERBIASA…. 
      
     Banyak Pengusaha yang justru Frustasi disini… Akibatnya dana/modal yang dipakai untuk membeli atau menciptakan Business tersebut, tidak bisa kembali sesuai dengan harapan… Banyak pengusaha akhirnya terjebak ke dalam permainan RUTINITAS…. Dan lambat laun IMPIAN menjadi seorang Entrepreneur SUKSES dan KAYA pun seperti John D Rockefeller, Warren Buffet, dan sebagainya.. akhirnya perlahan terlupakan dan terhapus dari memori Anda…..He, he, he… 



     Apa ANTIDOTE semua ini? Don’t buy Marketing Jargon Just as easy and simple as that…. But untuk hanya sekadar TAHU & BELAJAR tentu saja BOLEH… Buy Build Sell Business kadar SUKSESnya adalah RELATIF… Gak percaya, coba saja HITUNG STATISTIK-nya… berapa banyak yang berhasil seperti Warren Buffet, Rockefeller, dan sebagainya??? 



    Mendengar, melihat dan mempelajari teorinya tentu INDAH… Tapi coba rasakan prakteknya… Apakah se-INDAH Teorinya?? Seorang Client saya yang sudah berbisnis berpuluh tahun dan ikut program Coaching selama 5-7 tahun, barulah bisa membangun satu dua business baru lagi…. Coba tanyakan kepada beliau, apakah REALITA-nya SEINDAH TEORINYA??? 




So get real… Supaya jangan tergoda oleh Hebohnya Impian Amerika… (American Dreams)… memang orang Amerika pintar menjual Mimpi koq, you better find out and ask yourself these questions : 



1. Who are you? (Not your name given by your parents) 



2. Why are you here? What on earth were you born for? 



3. Where are you going? What is your purpose in this life? 



4. What will you be known for after you leave this world? 




Einstein bilang, ”Try NOT to be MAN of Success, But Be a MAN of VALUES”….”Jangan pernah coba jadi Manusia Sukses, tapi jadilah Manusia yang menebarkan MANFAAT…” 



Kata saya, ”DENGAN MENJADI MAN OF VALUES (MANUSIA PENEBAR MANFAAT), OTOMATIS ANDA AKAN DITINGGIKAN…. TETAPI KALAU SESEORANG BERMAKSUD MENUMPUK KEKAYAAN MATERI, MAKA ANDA AKAN TAKUT DARI SEGALANYA”…. 



He he he, Bukan berarti Jadi KAYA MATERI tidak BOLEH… KAYA MATERI Hanyalah HASIL & PROYEKSI DARI KEKAYAAN DI DALAM DIRI ANDA…. TANPA BUY BUILD SELL BUSINESS, ANDA SUDAH KAYA KOQ….!! 



The Real Question is Are you becoming A Real You? Are you becoming A Man who is being Programmed from outside world?? Apakah Anda otentik menjadi diri Anda sendiri? Atau apakah Anda menjadi Manusia yang diprogram oleh Dunia Luar? Menjadi Seseorang bukan menjadi diri sendiri adalah sudah COPY PASTE program dari orang lain…… 



Have a Day Dream or Be A real Authentic Self…It is your FREE WILL….!!:) 






Semoga Bermanfaat, 
saya nandar 
salam kreative :) 

#serial mindset: Mindset dalam Berbisnis

10.02



Hallo kawan semua, semoga kabarnya selalu baik ya...ketemu lagi dalam tulisan saya, semoga tidak bosen.. he.he..
Kali ini saya ingin sedikit share tentang ... definisi Bisnis menurut saya :-)
Bisnis itu...
    Kemampuan menciptakan Produk atau Jasa yang bermanfaat dengan harga yangg ingin dibayar customer yang memberikan kepuasan dan menghasilkan profit serta bisa repeat order.
Penjelasan saya..

1. Kemampuan menciptkan Produk/Jasa : 
  berarti ada ide-melaului kreative-ada kerja keras untuk  mewujudkannya-dan kemudian               membangun system

2. yang Bermanfaat : 
 produk & jasa nya harus bermnfaat jangan membohongi dan merugikan customer.ini masih  wilayah sosial norm.

3. Harga yang ingin diBayar customer: 
  buat apa bikin produk & jasa yang tak terjangkau harganya.kan ide awalnya dari peluang   kebutuhan

4. Kepuasan customer : 
jangan kejar untung dulu. pastikan customer puas degan produk & jasa yang mereka bayar. kalo sudah puas harga n untung pasti dapat

5. Mnghasilkan Profit : 
kalo customer sdh butuh.bayar.puas.pasti untung dtg .knp hrus untung ya agar bisnis ttp jln n kita dpt mnfaat dr bisnis. serta bisnis kita makin bnyak manfaat untuk orang lain, karyawan, keluarga, mitra bsnis dll.

6. Repeat Order: 
percaya deh.klo customer puas pasti jd langganan/repeat order. Customer langganan penting dr pd baru tp gk balik lagi :-P

Point saya: bisnis itu lihat peluang kbutuhan customer.biar laku.ngapain keren kalo gk ssuai kbutuhan pasar.gk laku ntar :-)

Point saya: sebelum bicara untung utamakan kepuasan customer.jgn smpe untung di atas kekecewaan customer

Point saya: alur prospek ->> calon pembeli~>> pembeli potensial ~>> pembeli 1 ~>> pelanggan~>> penganjur (penganjur org lain untuk beli juga)

Jadi jaga kpuasan customer agar balik lagi.percuma klo pembeli yg dtg baru semua dan gk balik lagi.jadikan tiap customer jd pelanggan :-)

penutup, menurut saya alur pola pikir ini penting agar tak GALAU dalam menjalani bisnis
Demikian...semoga bermanfaat...terimakasih :-)

saya Nandar
salam Kreative
follow @nandar_art

MAKNA KEWIRAUSAHAAN

08.57


apa itu WIRAUSAHA?

Di seluruh dunia banyak orang yang mempekerjakan diri sendiri. Mereka memiliki usaha kecil mereka sendiri di mana mereka membuat produk seperti mebel, sepatu, baju, atau menawarkan jasa (misalnya perbaikan mobil, radio). Sementara lainnya adalah para pedagang yang menjual produk mereka di pasar atau di toko pengecer kecil mereka.
Semua mereka ini memiliki kesamaan, yaitu mereka menjalankan usaha kecil. Beberapa ciri usaha skala kecil adalah:
-Manajer usaha biasanya pemilik sendiri
-Usaha memiliki jumlah karyawan yang terbatas
-Wilayah operasinya sempit (pasar lokal)
-Sebagian besar keputusan dibuat oleh pemilik
-Ada komunikasi terbuka (dengan karyawan, pelanggan) di tingkat pribadi
-Pemilik (dan karyawan) mengerjakan berbagai tugas

Mempekerjakan diri sendiri tidak mudah. Tidak semua kita mampu menjalankan usaha dengan baik. Banyak keberhasilan usaha bergantung kepada kualitas dan keterampilan pribadi pemilik. Sementara kalangan mengatakan bahwa Anda harus terlahir dengan kualitas ini, sementara kalangan lain mengatakan Anda bisa mengmbangkannya melalui pelatihan.

Kewirausahaan dalam arti luas

       Dalam arti yang lebih luas, usaha adalah ide teridentifikasi yang diwujudkan menjadi suatu kegiatan yang direncanakan dan dilaksanakan secara memuaskan. Dalam pengertian yang lebih sempit, kewirausahaan mengacu pada usaha atau kegiatan bisnis. Secara praktis semua proyek dan kegiatan dapat disebut sebagai usaha jika kelima langkah berikut ini diikuti, yaitu:
-mengidentifikasi ide
-merencanakan
-melaksanakan
-menuntaskan kegiatan dengan sukses
-memperoleh hasil

     Anda bisa menjadi laki-laki atau wanita pengusaha jika Anda konsisten dalam mengikuti secara sistematis proses di atas sewaktu-waktu anda menghadapi permasalahan dalam hidup Anda. Dengan memahami konsep usaha dalam konteks di atas, Anda dapat memahami bahwa banyak orang mempunyai potensi untuk menjadi wirausahawan, dan bahkan anda dapat mewujudkan usaha bisnis anda sendiri. Perbedaan antara wirausahawan/wati yang bisa menghadapi secara positif tantangan-tantangan dan masalah-masalah yang mereka hadapi dalam kehidupan sehari-hari, dengan orang-orang yang tidak bisa melakukannya dapat ditemukan dalam pendekatan dan sikap mereka ketika menghadapi persoalan dan memecahkan masalah.

     Sifat kewirausahaan dapat mendatangkan manfaat bagi Anda sebagai individu, dan dapat pula membantu Anda untuk menjadi orang yang berharga di keluarga Anda, komunitas, tempat bekerja dan masyarakat umum. Secara spesifik sifat kewirausahaan akan membuat anda mencapai banyak hal, dan Anda akan menonjol di tengah orang banyak karena sikap dan pendekatan sistematis Anda terhadap berbagai permasalahan. Dengan menggunakan pendekatan seorang wirausahawan Anda akan tahu apa yang akan anda lakukan dalam kondisi apapun yang harus Anda hadapi. Pendekatan seperti ini akan membuat Anda ikhlas menghadapi segala tantangan hidup Anda karena umumnya Anda akan mampu mengubah semua tantangan menjadi hasil yang positif.

Untuk membantu Anda mengembangkan sifat kewirausahawan, Anda perlu untuk mengingat WIRAUSAHA;

W – Walau bagaimanapun tetap berenergi
    Bekerja keras, tapi juga dengan cara yang pintar, adalah kunci dalam kewirausahawan. Banyak kekuatan mental dan fisik dibutuhkan untuk bisa menghadapi semua tantangan dan untuk berhasil menyelesaikan suatu proyek. Untuk mempertahankan energi ini, Anda perlu merangsang otak dan semua indera – penglihatan, pendengaran, sentuhan, penciuman dan selera sehingga semua siaga dalam mengenali apa yang perlu dilakukan dalam situasi yang berbeda. Anda juga perlu sehat dan secara fisik fit. 

I – Ingin berprestasi
    Anda mempunyai motivasi untuk mencapai kesuksesan dan melakukan semua kegiatan Anda. Sikap dan pemahaman Anda memungkinkan Anda bekerja untuk mendapat hasil yang diharapkan setiap kali Anda berniat melakukan sesuatu. Pendekatan ini membuat Anda bekerja lebih keras daripada orang lain.

R – Rela berorientasi pada tugas
    Anda yakin bahwa untuk mencapai hasil yang memuaskan, Anda perlu mengerjakan dan menyelesaikan tugas secara baik dan tepat waktu. Efisiensi, keefektifan dan pengaturan waktu adalah aspek-aspek penting yang membuat Anda dapat mampu menyelesaikan pekerjaan. Kemampuan untuk berfokus pada hasil kerja membantu Anda untuk berkonsentrasi pada apapun yang Anda ingin lakukan.

A – Ada empati
    Anda secara mental mampu menempatkan diri Anda pada posisi orang atau orang-orang yang ingin Anda pengaruhi. Anda ingin merasakan apa yang mereka rasakan. Anda bisa memposisikan diri anda di posisi mereka. Dalam usaha bisnis Anda dapat membayangkan bagaimana perasaan seorang pelanggan potensial.


– Usaha memerlukan banyak sumberdaya
   Anda mampu memberi kepemimpinan dan pengarahan yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha. Identifikasi, pengerahan dan penggunaan secara efektif sumberdaya-sumberdaya fisik maupun non fisik sangat penting untuk menjalankan proses usaha.

S – Selalu membutuhkan perencanaan
    Supaya dapat melihat gambaran keseluruhan usaha dalam pengertian mengapa harus didirikan, apa harus dilakukan, bagaimana melakukannya, siapa yang akan melakukannya dan kapan akan dilakukan, perlu dibuat suatu rencana tertulis. Rencana tertulis dapat menjelaskan situasi dan memudahkan pengambilan keputusan, apakah akan melaksanakan berbagai kegiatan yang akan menghasilkan usaha yang direncanakan atau tidak. Perencanaan yang matang akan memberikan indikasi apakah bisnis cenderung menguntungkan.

– Akan Mengambil Resiko
    Keputusan untuk maju dan memulai usaha atau melakukan aktifitas harus dibuat. Semua wirausahawan maupun wirausahawati membuat keputusan ini hanya setelah mereka melakukan sejumlah penelitian, sehingga pada akhirnya mereka biasanya mampu mencapai hasil, sukses dan mendapat keuntungannya. Anda selalu harus mengambil langkah pertama, karena hal ini menandai perbedaan antara wirausahawan/wirausahawati dengan mereka yang bukan wirausahawan/wirausahawati. Sukses dimulai dari keputusan untuk memulai bergerak ke arah yang benar dan sesuai dengan yang diinginkan.

H – Harus memiliki Inovasi
    Kemampuan menerapkan ide-ide baru yang akan memungkinkan Anda menjalankan aktifitas secara berbeda merupakan ciri lain dari laki-laki dan perempuan yang berjiwa wirausaha. Melalui inisiatif, imajinasi, intuisi dan pengetahuan individu, Anda akan dapat mengubah sesuatu, atau menemukan cara mengerjakan sesuatu untuk berakomodasi dengan situasi baru yang Anda hadapi. Informasi mengenai berbagai permasalahan dan bidang adalah masukan penting untuk menjadi inovatif. Maka, wirausahawan/ wati sangat menghargai informasi dan selalu waspada dan senantiasa melakukan penelitian. 

A – Ada keterampilan
  Wirausahawan dan wirausawati mempunyai kemampuan atau pengetahuan yang memungkinkan mereka untuk melakukan dan menyelesaikan aktivitas. Kebanyakan laki-laki dan perempuan yang berjiwa wirausaha mempunyai pengetahuan yang cukup, sikap dan keterampilan praktis yang dapat bermanfaat ketika melakukan usaha. Maka, Anda harus mengevaluasi bakat dan tingkat keterampilan yang Anda miliki dan bagaimana ini bisa dikombinasikan untuk mewujudkan usaha. Bakat dan keterampilan yang diperoleh harus senantiasa dimanfaatkan dan diterapkan, jika tidak, bakat dan keterampilan akan dilupakan dan terbuang.

A – Ada Daya Tahan
    Banyak tantangan yang harus dihadapi ketika mencoba untuk mendirikan suatu usaha. Perempuan menghadapi tantangan yang spesifik, beberapa di antaranya negatif dan mengendorkan semangat. Untuk mewujudkan usaha yang akan memberi keuntungan yang Anda harapkan, penting artinya kemampuan untuk tetap berada pada jalur meskipun banyak tantangan di sepanjang jalan. Kesabaran, ketekunan dan kepercayaan diri adalah beberapa sikap yang harus anda miliki untuk bertahan terhadap tantangan mental dan fisik yang akan Anda hadapi. 

Menghadapi Perang Harga

05.35

    Ketika mulai bermunculan bisnis yang sejenis beberapa rekan di tempat saya bekerja sempat mengungkap kekhawatirannya, wajar saya bilang yang pasti bakal ada persaingan baru salah satu yang bisa dipastikan adalah persaingan harga, apalagi jika pesaing baru memiliki alat sendiri.
    Bagaimna kita menyikapinya? apakah kita akan tergilas? ada kekhawatiran iya, tapi bukan berarti dunia akan berakhir he..he..apabila persaingannya di medan perang harga maka saya bilang HARGA bukan jadi satu-satunya alasan customer membeli jasa dan produk kita tapi masih ada faktor lain yang masih kita jadikan senjata untuk bersaing dalam sebuah bisnis,
apa saja itu mari kita bahas..

1. Kualitas 
     Bahwa ada customer yang membeli jasa dan produk karena harga yang lebih murah adalah iya, tapi ada juga sebagian lagi customer yang lebih mementingkan kualitas, mereka bersedia membayar lebih untuk sebuah produk yang dengan kualitas yang lebih baik. kualitas yang lebih baik membuat produk bertahan lebih lama - kualitas yang lebih baik hampir bisa dipatikan berarti pelayanan atas jasa yang lebih baik sehingga menghemat biaya dalm jangka waktu panjang. jadi kalau kalah di persaingan harga jaangan sampai kalah di persaingan kualitas. kalau pasar jasa dan produk anda yang harga murah diambil kompetitor,  anda masih ada customer yang akan membeli jasa dan produk anda karena kualitasnya .

2. Kecepatan dan Ketepatan Waktu
   ini terkait waktu, kecenderungan harga murah identik dengan jasa dan produk dengan waktu pengerjaan yang relatif lebih lama atau bisa jadi karena harga murah banyak yang mau memesan atau membeli maka jadi tidak tepat waktu, kembali lagi akan selalu ada irisan kue customer yang menginginkan kecepatan pengerjaan jasa dan produk serta ketepatan waktu, bisa jadi karena kebutuhan yang mendesak dll maka customer seperti ini akan rela membayar jasa dan produk anda dengan harga lebih.

3. Pelayanan
   Sekali lagi tidak semua customer membeli jasa dan produk melulu karena HARGA yang lebih murah, ada customer yang walaupun harga jasa dan produk sama atau lebih mahal tetap datang dan membelinya salah satu sebabnya adalah pelayanan yang prima, biasanya hal yang berhubungan dengan pelayanan ini adalah kedekatan-kehangatan dalam melayani customer, jadi customer merasa puas dan nyaman karena merasa bukan sekedar pembeli. Pelayanan yang prima ini bisa terwujud jika melayani dari hati bukan sekedar ucapan "selamat datang-selamat belanja" sebagai SOP yang harus diucapkan ketika customer datang tanpa senyum apalagi melihat wajah customer he..he..

4. Kreativitas
     satu hal ini mahal harganya jika anda mempunyainya akan tak ternilai harganya, berdasar pengalaman kebanyakan customer saya yang datang kembali untuk jasa dan produk saya mengatakan karena kreativitas kami berbeda, dengan jenis produk dan harga yang sama atau bahkan lebih mahal mereka tetap berkenan membeli bahkan repeat order karena mencari hasil dengan kretivitas bukan sekedar produk asal jadi dan pasaran.

   Sebagai penutup, persaingan itu hukumnya pasti maka kita harus bersiap agar tetap mampu bersaing maka kita harus memilki sebuah senjata andalah yang menjadi nilai unggul dibanding dengan pesaing kita, katika kita kalah dalam beberapa pertarungan tertentu tetap kita masih nilai unggul yang membuat customer tetap berkenan membeli jasa dan produk kita.
     satu lagi, kebanyakan kekhawatiran dari persaingan tentunya bermuara pada pertanyaan "bagaimana kalau rejeki kita jadi berkurang bahkan hilang karena salah saing?" untuk menjawab pertanyaan itu setidakny saya sudah coba memberikan 3 solusi agar tetap bisa bertahan, dan sebagai garansi saya ingin menyampaikan sebuah teori Langit bahwa pada dasarnya setiap manusia di ciptakan Allah SWT dengan rejeki masing-masing jadi gak usah terlalu khawatir dengan ketakukan rejeki kita akan diambil orang lain, selama kita sudah BerDoa berusaha selanjutnya berserah diri. masalah jumlah itu menurut saya tergantung dengan kebutuhan dan usaha kita, bisa jadi karena menurut Allah swt segitu kebutuhan kita dan atau usaha kita yang belum maksimal, maksudnya mungkin Allah swt ingin kita berusaha lebih maksimal lagi :)

semoga bermanfaat

saya Nandar
salam kreative :)