Bisnis Senja Hari

05.00

      Saya coba memprakteksan tips dari mas Yoris Sebastian tentang cara melatih berfikir kretaif yaitu menganalisis sesuatu he..he..latihan.

       Dikesempatakan kali ini saya akan coba meng-analisis fenomena makin sedikitnya warnet di tembalang semarang, kelurahan kawasan pelajar mahasiswa yang penghuninya makin lama makin rame dari anak undip, polines, unpand, stikes dll. Ide ini muncul ketika tadi siang setelah makan siang lewat di jalan banjarsari ada pemandangan pengbongkaran salah satu warnet yang usianya hampir 7 tahun di tembalang, rafnet namanya, saya termasuk pelanggan di warnet ini, bahkan dulu ketika tahun 2008-2009 kadang kala harus antre di warnet ini.

     Nah ingatan saya seketika membawa pada sebuah diskusi dengan salah seorang senior di kampus waktu itu beliau bertanya tentang kabar bisnis yang sedang saya kelola yaitu LOETJU merchandise, banyak yang beliau ceritakan diantaranya tentang fenomena sunrise dan sunset bisnis, apa itu ? secara sederhana yaitu bisnis-bisnis yang makin ke sini makin lesu baik karena faktor trend, perkembangan gaya hidup dll, serta bisnis yang baik hari ini atau di masa depan masih cerah bila dijalankan.

    Nah warnet ini, beberapa tahun terakhir ketika eranya hampir semua orang mulai memiliki laptop, netbook, bahkan gadget serta modem yang memudahkan konektifitas dengan jaringan internet maka lambat laun perannya sebagai sarana membantu konek ke internet dan sebuah bisnis mulai tergantikan pelan-pelan. Bagi bisnis jelas ini berpengaruh sekali, ibarat  kata ketika di masa jaya-jayanya sehari 24 bisa full setiap komputer digunakan, kini dalam sehari mungkin hanya separuh dari komputer yang disediakan yang digunakan dan menghasilkan uang. Apalagi bila penurunan jumlah customer ini dihubungkan dengan kenaikan harga sewa tempat maupun operasional yang harus dikeluarkan. Tinggal tunggu waktu saja gulung tikarnya. Di tembalang semarang di tahun 2008 ada sekitar 10 warnet dan hari ini tinggal sekitar 3-4 yang bertahan.

      Bicara tentang naik-turun buka tutup sebuah bisnis itu hal yang wajar, karena seiring dengan berjalannya waktu ada perubahan-perubahan dalam kehidupan ini, sebenarnya tidak hanya warnet yang mengalami fenomena seperti ini, misal bisnis makanan dan minuman pun pasti ada fenomena seperti ini, atau misal warung klontong yang hari ini tersisih oleh menjamurnya minimarket-minimarket yang bermunculan berjarak saling berdekatan.

      Yang menarik itu adalah ketika sebuah bisnis bisa bertahan di antara gempuran bisnis lain, atau perubahan jaman, apa yang membuat mereka yang bisa bertahan ketika mendapat gempuran? Banyak ya strateginya dan setiap bisnis pasti berbeda, tapi satu kata yang mewakili saya bisa pastikan yaitu “Kreatifitas” tanpa kreatiftas pasti mereka juga kan terseret gulung tikar.

     Saya tidak akan sok tahu, apa hal kreatif yang bisa dilakukan dalam bisnis warnet ini, saya hanya akan menyampaikan hal apa yang dilakukan salah satu warnet di tembalang ini yang masih bertahan yang menurut saya kreatif, mengapa? Karena apa yang dilakukan tidak dilakukan oleh warnet lain yang sudah tutup. Dan dar beberapa yang dilakukan warnet ini adalah alasan mengapa sampai hari saya yang notabene sudah punya PC dan koneksi internet sendiri masih datang ke warnet ini setidaknya seminggu sekali. Berikut daftarnya :

  1. Tempat nyaman dan bersih
Kebersihan dan kerapihan adalah hal mendasar bagi kenyamanan, orang akan betah browsing ketika tempatnya nyaman, dan juga bebas asap rokok.

  1. Koneksi lancar
Hal mendasar lainnya adalah koneksi yang lancar, emang ada warnet yang koneksinya lemot? banyak J

  1. Tersedia folder movie-music
Tiap bulan warnet ini rajin menyediakan film-film bebagai genre yang lagi rilis dan music juga bahkan ada serial drama korea, salah satu tujuan saya datang ke warnet ini ya karena ingin mencari film baru itu, bila tak sempat menonton di bioskop. Terlepas dari legal atau illegalnya tapi ini menyenangkan.

  1. Kamar mandi bersih
Ada lho warnet yang gak ada kamar mandinya, jadi bagaimana bisa betah di warnet kalau ketika harus ke kamar kecil harus pulang dulu J

  1. Ada mini musholla
Kadang karena harus mengerjakan tugas aau mengirim sesuatu di warnet dan sudah sampai waktu sholat sambil menunggu downloadan atau loading mengirim file, sholat dulu di warnet. Tugas dunia tetap jalan dan bisa ibadah tepat waktu.

  1. Tersedia makanan dan minuman
Salah satu teman agar tidak bosan di depan monitor adalah ngemil, bagi customer disediakannya makanan dan minuman bisa mengasyikan dan bagi pemilik warnet cara ini bisa jadi amabahan pemasukan

  1. Penjaga warnet yang ramah
Ini pentingya, sebagus apapun fasilitas kalau penjaga warnet nya tidak ramah dan solutif pasti jadi tidak nyaman untuk datang kembali ke warnet.

7 hal ini saya ambil dari pengalaman di warnet @n net banjarasi tembaang, sekali-kali silahkan coba J

      Pasang surut dalam bisnis itu biasa, mereka yang bisa bertahan pasti tidak lepas dari kreatfitas. Bila hari ini bisnis anda dirasa mulai lesu cobalah cari cara-cara kreatif agar bisa mendongkrak kembali pemasukan bisnis anda,

Semoga bermanfaat,












Saya nandar
Salam kreatif :)

Artikel Terkait





Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komentar Disini :