Proses Kreatif order Merchandise Event Dompet Dhuafa Jateng

12.36
    Halo sobat pembaca, apa kabar? semoga sehat selalu ya..aminn :), alhamdulillah bisa bersua kembali di bulan maret, kali ini saya akan berbagi kisah proses kreatif pembuatan merchandise event dari Dompet Dhuafa Jateng

    Awal bulan kearin saya berkesempatan menerima tamu istimewa, yaitu Pipinan Cabang Dompet Dhuafa Jateng mas Imam Baihaki, dalam kesempatan itu beliau berdiskusi dan meminta tolong untuk dibuatkan desain merchandise yang mearik secara bentuk dan desain visual yang akan digunakan sebagai giving kepada para donatur sebuah program baru di dompet dhuafa yang bernama, "Tebar Al Quran untuk muslimah" program apakah itu? kemudian beliau menjelaskan dengan seperti dibawah ini..

         Data sensus nasional Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2013, menunjukkan bahwa lebih dari 54 persen muslim di Indonesia belum bisa membaca Alquran. Hal ini sangat memprihatinkan, mengingat pedoman hidup umat islam adalah Alquran. Untuk mengamalkan kandungan Alquran, maka kita harus membaca dan memahami terlebih dahulu. Artinya kita harus sering berinteraksi dengan Alquran.
      Selama ini, sebagian besar masyarakat muslim hanya menjadikan Alquran sebagai simbol dan pajangan saja. Bahkan mungkin kita lebih sering berinteraksi dengan handphone/gadget dibandingkan Alquran.
   Melihat fakta ini, Dompet Dhuafa Jawa Tengah (DD Jateng) ingin turut andil dalam mengurangi angka buta Alquran. Melalui program “Tebar Alquran untuk Muslimah”, DD Jateng ingin membagikan Alquran sekaligus memberikan pelatihan membaca Alquran bagi muslimah yang masih belum bisa membaca Alquran di wilayah Jawa Tengah.
    Dengan jaringan Corps Da’i Dompet Dhuafa (Cordofa) Jawa Tengah, program ini akan dilakukan secara aktif di wilayah-wilayah yang membutuhkan. Salah seorang Ustadz anggota Cordofa Jawa Tengah memiliki metode khusus pelatihan membaca Alquran. Dalam satu hari sekurangnya delapan jam pelatihan, peserta diharapkan sudah memahami teknik dasar membaca Alquran. Bahkan yang sama sekali belum mengenal huruf arab pun Insya Allah bisa membaca Alquran setelah mengikuti pelatihan.
      DD Jateng juga mengajak partisipasi masyarakat luas dalam mendukung gerakan “Tebar Alquran untuk Muslimah” ini. Partisipasi dapat dilakukan dengan cara memberikan sedekah atau donasi melalui DD Jateng yang akan dipergunakan untuk membeli Alquran. Masyarakat juga dapat mengusulkan daerah yang membutuhkan program ini.
    Semoga dengan partisipasi aktif dan dukungan kita semua, angka buta Alquran dapat ditekan secara signifikan. sumber: www.jateng.dompetdhuafa.org
    Setelah menyimak penjelasan beliau, kemudian giliran saya memberikan pemaparan saran apa yang tepat merchandise untuk event ini, yang pertama yaitu tentang pemahaman merchandise seperti apa yang cocok untuk event/ promosi? berdasar pengalaan kami di loetju merchandise setidaknya 3 unsur harus dipenuhi sebagai kriteria merchandise event/promosi yang baik yaitu;

1. Secara item merchandise harus fungsional dan bermanfaat untuk yang diberi
2. Bentuk merchandise yang unik 
3. Desain yang menarik dan komunikatif

   konsep merchandise ini nanti digunakan sebagai giving kepada para donatur program, dengan 3 pertimbagan tadi maka ide yang saya paparkan adalah;

1. Fungsional dan Bermanfaat, 
    Kami menyarankan gantungan kunci, mengapa? agar bisa digunakan oleh para donatur bisa digunakan di kunci motor, rumah, almari, mobil atau tas. selain pertibahngan agar bermanfaat untuk donatur juga dengan pertimbangan jika merchandise digunakan dalam kehidupan sehari-hari maka secara sadar atau tidak tiap kali menggunaka merchndise itu orang yang beri akan melihat kembali logo event dan program serta pesan yang disampaikan di merchandise tersebut.

2. Unik & Menarik
     Merchandise yang digunakan adalah jenis bulat 2 sisi, bila kebanyakan merchandise hanya 1 sisi pilihan yang 2 sisi menjadi menarik karena selain punya ruang desain yang lebih juga bisa dianfaatkan satu sisi berisi konten desain program satu sisi berisi desain untuk mengkomunikasikan hal-hal yang bersifat umum dan bermanfaat.

3. Desain visual menarik dan komunikatif, 
     Kami di LOETJU merchandise punya semacam rule yaitu, dalam membuat desain merchandise evet/promosi setelah memenuhi usur pertama fungsional, kedua unik desain juga harus menarik dan komunikatif, menarik bukan hanya tentang maslah visual nyaman di mata, tapi juga tidak terkesan norak, mengapa? karena tujuan merchandise ini diberikan ke donatur yang harapannya bisa diguakan sehingga selain memberi manfaat juga bisa sebagai tools publikasi program ke orang lain yang melihat merchandise ini. bila desain tidak menarik dan norak bagaimana orang yang diberiberkeanan mengguunkanya?.

isi desain bermanfaat, banyak merchandise event/promosi konten desainnya "egois" misalnya hanya memuat logo atau nama event, saya pribadi andai memposisikan diri sebagai orang yang diberi merchnadise yang egois seperti itu kalau tidak kepepet pasti tidak mau menggunakannya. sebagai solusi tantangan itu maka untuuk merchandise DD jateng ini satu sisi saya desain dengan konten program n logo dan 1 sisi berisi kata-kata nasehat dan mutiara. dengan tujuan orang berkenan memakai karena kata-kata mutiara itu :)

berikutnya unsur komunikatif saya berikan di label packaging merchandise kami menggunakan selembar kertas seukuran kartu nama sebagai label dan plastik dengan perekat di label tersebut selain memuat konten desain event program n logo sebagai penegasan juga kami cantumkan alamat lengkap beserta kotak DD jateng degan tujuan bila penerima mechandise dilain kesempatan hendak menghubungi penyeleggara program, serta kami bubuhkan tulisan "terima kasih telah berpasrtisipasi dalam kegiatan ini" sebagai ucapan terima kasih dan mengahargai partiispasi donatur.


penampakan seperti ini...

DESAIN 

SETELAH DICETAK


MERCHANDISE SUDAH JADI

Demikian sharing kali ini, semoga mermanfaat dan yuk..ikutan berpartisipasi dala program sosial dari Dompet Dhuafa Jateng " Tebar Al Quran untuk muslimah" :)


salam kreatif, 

saya Nandar :)

Artikel Terakit:
Berfikir Kreatif ala Nandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komentar Disini :