Bisnis Senja Hari

05.00

      Saya coba memprakteksan tips dari mas Yoris Sebastian tentang cara melatih berfikir kretaif yaitu menganalisis sesuatu he..he..latihan.

       Dikesempatakan kali ini saya akan coba meng-analisis fenomena makin sedikitnya warnet di tembalang semarang, kelurahan kawasan pelajar mahasiswa yang penghuninya makin lama makin rame dari anak undip, polines, unpand, stikes dll. Ide ini muncul ketika tadi siang setelah makan siang lewat di jalan banjarsari ada pemandangan pengbongkaran salah satu warnet yang usianya hampir 7 tahun di tembalang, rafnet namanya, saya termasuk pelanggan di warnet ini, bahkan dulu ketika tahun 2008-2009 kadang kala harus antre di warnet ini.

     Nah ingatan saya seketika membawa pada sebuah diskusi dengan salah seorang senior di kampus waktu itu beliau bertanya tentang kabar bisnis yang sedang saya kelola yaitu LOETJU merchandise, banyak yang beliau ceritakan diantaranya tentang fenomena sunrise dan sunset bisnis, apa itu ? secara sederhana yaitu bisnis-bisnis yang makin ke sini makin lesu baik karena faktor trend, perkembangan gaya hidup dll, serta bisnis yang baik hari ini atau di masa depan masih cerah bila dijalankan.

    Nah warnet ini, beberapa tahun terakhir ketika eranya hampir semua orang mulai memiliki laptop, netbook, bahkan gadget serta modem yang memudahkan konektifitas dengan jaringan internet maka lambat laun perannya sebagai sarana membantu konek ke internet dan sebuah bisnis mulai tergantikan pelan-pelan. Bagi bisnis jelas ini berpengaruh sekali, ibarat  kata ketika di masa jaya-jayanya sehari 24 bisa full setiap komputer digunakan, kini dalam sehari mungkin hanya separuh dari komputer yang disediakan yang digunakan dan menghasilkan uang. Apalagi bila penurunan jumlah customer ini dihubungkan dengan kenaikan harga sewa tempat maupun operasional yang harus dikeluarkan. Tinggal tunggu waktu saja gulung tikarnya. Di tembalang semarang di tahun 2008 ada sekitar 10 warnet dan hari ini tinggal sekitar 3-4 yang bertahan.

      Bicara tentang naik-turun buka tutup sebuah bisnis itu hal yang wajar, karena seiring dengan berjalannya waktu ada perubahan-perubahan dalam kehidupan ini, sebenarnya tidak hanya warnet yang mengalami fenomena seperti ini, misal bisnis makanan dan minuman pun pasti ada fenomena seperti ini, atau misal warung klontong yang hari ini tersisih oleh menjamurnya minimarket-minimarket yang bermunculan berjarak saling berdekatan.

      Yang menarik itu adalah ketika sebuah bisnis bisa bertahan di antara gempuran bisnis lain, atau perubahan jaman, apa yang membuat mereka yang bisa bertahan ketika mendapat gempuran? Banyak ya strateginya dan setiap bisnis pasti berbeda, tapi satu kata yang mewakili saya bisa pastikan yaitu “Kreatifitas” tanpa kreatiftas pasti mereka juga kan terseret gulung tikar.

     Saya tidak akan sok tahu, apa hal kreatif yang bisa dilakukan dalam bisnis warnet ini, saya hanya akan menyampaikan hal apa yang dilakukan salah satu warnet di tembalang ini yang masih bertahan yang menurut saya kreatif, mengapa? Karena apa yang dilakukan tidak dilakukan oleh warnet lain yang sudah tutup. Dan dar beberapa yang dilakukan warnet ini adalah alasan mengapa sampai hari saya yang notabene sudah punya PC dan koneksi internet sendiri masih datang ke warnet ini setidaknya seminggu sekali. Berikut daftarnya :

  1. Tempat nyaman dan bersih
Kebersihan dan kerapihan adalah hal mendasar bagi kenyamanan, orang akan betah browsing ketika tempatnya nyaman, dan juga bebas asap rokok.

  1. Koneksi lancar
Hal mendasar lainnya adalah koneksi yang lancar, emang ada warnet yang koneksinya lemot? banyak J

  1. Tersedia folder movie-music
Tiap bulan warnet ini rajin menyediakan film-film bebagai genre yang lagi rilis dan music juga bahkan ada serial drama korea, salah satu tujuan saya datang ke warnet ini ya karena ingin mencari film baru itu, bila tak sempat menonton di bioskop. Terlepas dari legal atau illegalnya tapi ini menyenangkan.

  1. Kamar mandi bersih
Ada lho warnet yang gak ada kamar mandinya, jadi bagaimana bisa betah di warnet kalau ketika harus ke kamar kecil harus pulang dulu J

  1. Ada mini musholla
Kadang karena harus mengerjakan tugas aau mengirim sesuatu di warnet dan sudah sampai waktu sholat sambil menunggu downloadan atau loading mengirim file, sholat dulu di warnet. Tugas dunia tetap jalan dan bisa ibadah tepat waktu.

  1. Tersedia makanan dan minuman
Salah satu teman agar tidak bosan di depan monitor adalah ngemil, bagi customer disediakannya makanan dan minuman bisa mengasyikan dan bagi pemilik warnet cara ini bisa jadi amabahan pemasukan

  1. Penjaga warnet yang ramah
Ini pentingya, sebagus apapun fasilitas kalau penjaga warnet nya tidak ramah dan solutif pasti jadi tidak nyaman untuk datang kembali ke warnet.

7 hal ini saya ambil dari pengalaman di warnet @n net banjarasi tembaang, sekali-kali silahkan coba J

      Pasang surut dalam bisnis itu biasa, mereka yang bisa bertahan pasti tidak lepas dari kreatfitas. Bila hari ini bisnis anda dirasa mulai lesu cobalah cari cara-cara kreatif agar bisa mendongkrak kembali pemasukan bisnis anda,

Semoga bermanfaat,












Saya nandar
Salam kreatif :)

Artikel Terkait





catatan si nandar dari twitter #6

catatan si nandar dari twitter #6

23.15

#OLshop Strategy 

kultwit oleh mas @JayaYEA 




1.Jika Anda pebisnis online, mungkin ada mengalami atau mendapat pertanyaan spt ini…. #OLshopStrategy

2.a.Jualan via fb, insta, twit, penjualan besar, tapi gak stabil b.Udah punya web, tapi koq sepi2 aja. #OLshopStrategy

3.c.Atau bingung, perlukah web, kan jualan via socmed aja udah laris manis? #OLshopStrategy

4.Inilah jawabannya.. Strategi Penjualan ONLINE.. #OLshopStrateg

5.Instagram, forum, twit, fb, chat atau socmed lain itu spt TEMPAT PAMERAN di Mall, ruamee, tapi tdk long last. #OLshopStrategy

6.Coba ingat jaman dahulu, ICQ, friendster, tumbang ganti fb, twit, path, instagram, dll. Cuma 1 yg everlasting >> WEB. #OLshopStrategy

7.Bukan brarti socmed tak berguna lho. Justru Socmed itu LEVERAGE-nya WEB. Bahkan menjadi bagian dari algoritma google. #OLshopStrategy

8.WEB itu ibarat MARKAS-nya, sedang socmed adalah STAN PAMERAN. Push para pelanggan ke Markas Anda dan lakukan Closing. #OLshopStrategy

9.Di socmed Anda tak bisa menyimpan database nama & email pelanggan, tapi di web Anda bisa. Kumpulkan & kategorikan. #OLshopStrategy

10.Gunakan 'PRODUK PENETRASI' yg banyak dicari atau mudah dijual serupa dg Target Pasar yg Anda bidik. #OLshopStrategy

11.Ayah saya berkata,"We may lose some battles to win the war" >> rugi dlm bbrp produk, tapi untung di produk lainnya. #OLshopStrategy

12.Saat database pembeli sudah terkumpul, lakukan email marketing u/ mengundang mrk belanja kembali saat ada PROMO. #OLshopStrategy

13.Gunanya BLOG? >> Pintu belakang atau jendela untuk masuk ke MARKAS melalui KONTEN EDUKASI. #OLshopStrategy

14.Karena lebih mudah membuat orang membeli saat dia sudah PERCAYA >> inilah celah BLOG, kasih manfaat & org percaya. #OLshopStrategy

15.Idealnya BLOG terintegrasi dalam WEB, seperti yg ada di Yukbisnis[dot]com. Spt pintu depan & pintu belakang. #OLshopStrategy

16.Saat orang masuk lewat 'belakang' dan nyaman di TOKO kita, dia NGLIRIK apa yg ada di bagian DEPAN. #OLshopStrategy


17.Jadi.. yang masih terlena dg omzet socmed sesaat, siap2 merana kemudian atau insyaf dan mulai bangun 'markasnya'. #OLshopStrategy

18.Buka #TokoOnLine GRATIS? Fiturnya KOMPLIT. Pilih TEMA sesukamu, 5 menit aja, disini >> yukbisnis.com/yubi/tema

19.Logika #OLshopStrategy ini juga berlaku u/ retail OFFLINE. Socmed spt Reseller, Web spt Distribusi. Jangan terlena oleh omzet sesaat..

20.Lain waktu kita bahas versi offlinenya.. sekian, langsung action buka #WebGRATIS di >> Yukbisnis.com #OLshopStrategy

Artikel Terkait:
catatan si Nandar dari twitter #5

catatan si Nandar dari twitter #5

23.02

#RisetUKM kultwit mas @JayaYEA


1.Yuk mulai... "Perlukah riset Pasar untuk UKM?". Apa pendapat Anda..? #RisetUKM

2.Thn 2000an saat pertama belajar pemasaran, saya sangat haus keilmuan. Sayangnya di Batam hampir tak pernah ada seminar. #RisetUKM

3.Majalah Marketing & SWA jd salah sekian makanan bulanan. Tak ada mentor, majalah pun jadi.. #RisetUKM

4.Saat itu ada iklan training 3hari/2malam di Puncak: "The Right Way of Doing Powerful Marketing Research" >> langsung ikut. #RisetUKM

5.Materinya bagus, apalagi kalo yg bawakan Pak Handy Irawan, favorit deh. Cuma pas giliran Doktor Statistik, puyeng deh :p #RisetUKM

6.Singkatnya, dg bekal belajar marketing via training & buku, ujung2nya saya harus praktikkan di dunia bisnis NYATA. #RisetUKM

7.Sudah bisa ditebak, hampir semua materi Pemasaran yg ada di pasaran, studi kasusnya adalah perusahaan multinasional. #RisetUKM

8.Cara risetnya: FGD, sebar Quesioner, dapat feedback, rumuskan strategi, iklan di media2 besar, dst. Jelas perlu MODAL BESAR. #RisetUKM

9.Saya ikuti deh alur2nya, hingga membuat Marketing Plan yg tebal & detail. Kayak mau skripsi gitu.. baru kmdn buka bisnis. #RisetUKM

10.Bukalah bisnis Rumah Makan (2002), 14 bulan tutup, rugi 170 juta, lumayan.. #RisetUKM

11.Saya tidak menyalahkan ilmu yg diajarkan, tapi saya menyalahkan diri saya yg mungkin masih byk error saat riset dsb.#RisetUKM

12.Tak menyerah dg 1 kegagalan, saya mencoba bisnis berikutnya: import, branding & distribusi aditif otomotif. #RisetUKM

13.Kali ini marketing plan yg saya buat cukup tokcer dan berhasil booming di 6 kota. Sayang byk piutang yg macet, bangkrut lagi :p #RisetUKM

14.Setelah menjajal ilmu2 pemasaran, saya menyimpulkan: Jangan gunakan Ilmu Pemasaran MultiNasional Co'y u/ UKM. #RisetUKM

15.Setelah belajar dengan guru gendeng saya, banyak ilmu2 pemasaran praktis yang lebih cocok untuk UKM. Mau tau..? #RisetUKM

16.Ilmu1: NUMPANG RISET >> Cari perusahaan besar yg seTARGET Pasar dg Anda >> Buka disampingnya. #RisetUKM

17.Misal, Anda mau buka RM yg target marketnya adlh karyawan setara perBANKan, tinggal buka samping2an dg BANK. Beres. #RisetUKM

18.Karena BANK udah jelas riset sebelum buka di suatu area. Jadi Anda numpang saja. #RisetUKM

19.Ilmu 2: NYEBRANG JALAN >> Daripada menghitung trafiknya brapa, coba aja jam tertentu nyebrang jalan 3 x bolak balik. #RisetUKM

20.Kalo nyebrangnya pake tengak tengok, artinya jalannya ramai. Kalo tanpa tengak tengok tetap selamat, artinya sepi, hehe. #RisetUKM

21.Ilmu 3: SEBAR BROSUR >> siapa bilang harus ada bisnisnya dulu? Daripada kuesioner, mending langsung action ajah. #RisetUKM

22.Ilmu 4: PASANG IKLAN >> serupa dengan 3, tapi di media masa, bisa juga di medsos, spt FB, insta, dll. Cek permintaan. #RisetUKM

23.Misal, Anda mau buka rental mobil, tapi ragu >> sebar brosur (sesuai target pasar) atau ngiklan aja. Banyak yg telpon gak? #RisetUKM

24.Kalo banyak yang telpon, artinya banyak permintaan, tinggal buka kemudian. #RisetUKM

25."Mas J, trus kalo beneran mereka mau rental, tapi kita belum punya mobilnya gimana?" >> Tinggal bilang "Lagi KOSONG" #RisetUKM

26.Ilmu 5: UJI NGANGENIN >> daripada Anda buat kuesioner atau FGD yg 'dipaksakan', lakukan sesuatu yg NATURAL. #RisetUKM

27.Misal, Uji Lontong Arab Wan Abud >> Potong kecil2 lontongnya, numpang sample di komunitas, pantau dari jauh, nambah gak? #RisetUKM

28.Kalo Nambah terus, artinya Laper itu orangnya, hehe.. Kalo yg lain juga nambah, artinya NGANGENIN. Gampang Tho..! #RisetUKM

29.Masih banyak Cara2 Lucu untuk #RisetUKM yang ALAMI. Jelas Murah & Tokcer, daripada yg njlimet & nambah takut u/ action.

30.Sudah sudah, praktek sono, jangan cuma riset dari twit saya aja, hehe.. sekian.. #RisetUKM

Ada kejutan buat Anda, klik disini >> Yukbisnis.com << GRATIS alias Gak Bayar. #RisetUKM


catatan si Nandar dari Twitter #4

catatan si Nandar dari Twitter #4

22.37

"Bagaimana Menjadikan Diri Kita Sebagai Brand (Self Branding)" 

oleh pak @Subiakto


1. Apakah saya bisa menjadi BRAND? Kan kata pak Bi semua yg punya nama bisa jadi BRAND. 
BISA. Mau tau caranya? #Branding

2. Pertama2 berdirilah didepan cermin. Kenalilah tubuh anda. Apakah ada sesuatu yang unik yg mudah dikenali dari fisik anda? #Branding

3. Wajah dan tubuh anda ibarat LOGO yg menjadi pengenal. Krn itu perlu tampilan fisik yg unik. yg mudah dikenali publik #Branding

4. Misalnya sy sendiri. Tampilan fisik yg mudah dikenali adalah kumis + jenggot serta rambut dikuncir #Branding

5. Untuk memperkuat keunikan supaya mudah dikenali, sy tambah dgn mengenakan T-Shirt warna hitam dan celana jeans tiap hari #Branding

6. Sekarang Nama. Nama ibarat MEREK. Beruntunglah kalau kamu punya nama yg unik. yg hanya dipunyai 1 dari sejuta otang #Branding

7. Nama Subiakto tidak unik. Banyak yg pakai. Jadi saya create nama panggilan 'Pak Bi'. Dr semua nama Subiakto cuma sy yg Pak Bi #Branding

8. Contohnya lagi. Nama Joko Widodo itu nama pasaran. Banyak yg pake. Langkah yg cerdas mengubahnya menjadi Jokowi #Branding

9. Nama Bambang dan Susilo jg nama sejuta umat. Yudhoyono baru unik. Tapi kepanjangan. Langkah pertama mengubahnya menjadi SBY #Branding

10. Bagi anda2 yg punya wajah dan nama sejuta umat mau tidak mau harus punya 'kelakuan' yg luar biasa unik #Branding

11. Kelakuan 'unik' anda bisa pilih salah satu. Linier tapi spektakuler atau paradoks alias sangat tidak lazim #Branding

12. Kelakuan unik anda bisa dilihat dari 3 titik. Masa lalu, sekarang atau masa depan. Apa yg sudah , sedang dan akan anda lakukan #Branding

catatan si Nandar dari Twitter #3

catatan si Nandar dari Twitter #3

22.18
 #branding for UKM by @subiakto


1. Perlukah UKM membangun brand? #Branding 
    pertanyaan klasik jawabannya pasti PERLU.

2. Padahal yg jawab perlu kagak paham apa itu brand? #Branding 
    ayoritas pelaku UKM terjangkit penyakit meniru

3. Kalau ditanya apa itu Brand dijawab sambil nyengir "Gak tau pak. Maklum UKM" Oooo. Jadi     kalau UKM boleh goblog? Gitu?

4. Kesalahan persepsi pelaku UKM yg sy temui di bbrp kota ttg brand, sering rancu dg logo merek. Malah banyak yg rancu dg produk #Branding

5. Kesalahan pertama "Branding adalah IKLAN" <
   jawaban paling sering #BRANDING

6. Kesalahan kedua "Branding adalah SLOGAN/TAGLINE" #Branding

7. Kesalahan ketiga "Branding adalah LOGO" #Branding

8. Kesalahan keempat "Branding adalah MEREK" #BRANDING

9. Kesalahan kelima "Branding adalah PACKAGING" #Branding

10. Kesalahan keenam "Branding adalah PROMOSI/DISKON/BONUS/HADIAH" #Branding

11. Kesalahan ketujuh "Branding adalah PAMERAN/bazzar" #Branding

12. Kesalahan ke delapan "Branding adalah BILLBOARD" #Branding

13. Kesalahan kesembilan "Branding adalah PEMILIK PERUSAHAAN" #Branding

14. Kesalahan kesepuluh "Branding adalah DISPLAY" #Branding

15. Jadi #Branding itu apa sih?

16. "BRAND adlh IKATAN EMOSI antara KONSUMEN & PRODUK/SERVIS" #Branding

17. Brand sangat ditentukan oleh PENGALAMAN PERTAMA konsumen dgn produk/servis             #Branding

18. Jika PENGALAMAN PERTAMA positif maka Brand anda menaiki tangga menuju BRAND       HEAVEN #Branding

19. Jika PENGALAMAN PERTAMA negatif maka Brand anda menuruni tangga menuju                   BRAND HELL

20. Utk menghemat biaya iklan fokuslah pd keunikan produk. Rencanakan PENGALAMAN             PERTAMA meninggalkan kesan baik pd konsumen. End #Branding

ARTIKEL Terkait:
1. Brand Builder, kultwit oleh pak Subiakto
2. Kisah Sukses Branding Indomie di bulan ramadhan, kultwit oleh pak Subiakto

catatan si nandar dari twitter #2

catatan si nandar dari twitter #2

06.01

Kisah Branding Indomie di bulan Ramadhan 
oleh pak Subiakto, twiiter @subiakto 




Sukses kampanye #Indomie 50 tahun kemerdekaan, sy dipanggil lagi ikut pitching promo program Indomie buat bulan puasa thn 1995

Tim Marketing Indofood yg ngasih brief promo program. Kalau gak salah beli 10 gratis 1 atau semacam itulah. #Indomie

Sy bilang "Sayang ya, habis sukses kampanye brand building lwt kampanye #Indomie 50thn kemerdekaan kok langsung promo?"

Pak Agustinus dan pak Johnianto pun menjawab "Kalau pak Biakto punya ide lain silahkan saja di ajukan" Saya jawab singkat "Oke" #Indomie

Sebagai praktisi brand sy selalu berpikir promo itu mengurangi kredibilitas brand. Dgn biaya yg sama kita bisa perkuat brand image #Indomie

Singkat kata sy presentasikan konsep saya dihadapan ibu Eva bersama tim pitchingnya. Kampanye brand building #Indomie utk Ramadhan

Sy awali presentasi sy dgn "Top list 9 bahan pokok adalah Nasi (beras). Produk2 diluar 9 bhn pokok berebut menjadi nomor 10" #Indomie

"Dgn kampanye Ramadhan ini membuka peluang #Indomie masuk posisi 1 bersama nasi" Bu Eva bertanya "Bukannya bulan puasa gak ada orang makan?"

"Justru perut lapar yg dipikirin makanan. Semua orangmikir buka makan apa? Nah kita rebut posisi nasi. Jarang org buka langsung makan nasi"

Sy presentasikan lyric yg melegenda "Hari ini kita puasa. Menjalankan perintah agama. Buka puasa dgn #Indomie. Indomie seleraku"

Dan versi sahurnya "Hari ini kita puasa. Menjalankan perintah agama. Kita sahur dgn #Indomie. Indomie seleraku"

Dan versi Idul Fitrinya "Hari ini hari yang fitri. Kita rayakan kemenangan. Minal Aidzin wal faidzin. Maafkan lahir bathin" #Indomie

Setelah sy presentasi ketiga TVC buat Ramadhan, bu Eve mengajukan pertanyaan yg menyentak saya "Jadi kapan sy mulai jualan #Indomie nya?"

Gak salah sih pertanyaannya, krn awalnya kan program consumers promo. Jadi targetnya ya nggenjot penjualan #Indomie di bulan 'org gak makan'

"Bu. Bulan puasa itu 30hari. Dibagi 3 bag. 10hr pertama masjid penuh. 10hr kedua restoran penuh. 10hr ketiga restoran & mall penuh" #Indomie

"Terus kapan saya mulai jualan?" potong bu Eva. "10hr pertama dan kedua mungkin belum bu. Tapi 10hr ketiga ibu pasti mulai jualan" #Indomie

"Rasionalnya?" tanyanya lagi. "10hr ketiga pembantu mudik. Ibu2 terpaksa masak sahur & buka sendiri. Kita tawarkan cara praktis" #Indomie

Disini bu Eva mulai tersenyum "Ibu dapat bonus 10hr keempat. Pembantu belum balik dari kampung. Ibu2 sdh terbiasa masak #Indomie"

"Jadi saya gak jualan 20hari pertama, dibalas dgn jualan di 20hari kedua?" Bu Eva buat kesimpulan sendiri "Yessss" kata saya mantab #Indomie

Bbrp manager protes "Kalau bisa jualan 40hari dgn consumers promo, knapa harus jualan 20 hari?" "Kami pilih consumers promo bu" #Indomie

"Ramadhan itu event besar. Pesta besar bagi umat muslim. Ind punya umat muslim terbesar didunia. Dan Ramadhan belum ada yg punya" #Indomie

"Kalau campaign Ramadhan ini dijalankan secara konsisten, maka Indomie bisa memiliki event Ramadhan. Dan inilah sejatinya branding" #Indomie

Deg2an jg sy nunggu diluar ruang rapat. Apalgi pak Agustinus bilang "Presentasi anda out of the box. Alias out of the brief hahaha" #Indomie

Ketika nama saya dipanggil masuk ruang rapat kembali, hampir saja sy terkencing2 saking stress-nya ... hahaha #Indomie

Begitu duduk, barisan klien diseberang meja. Dan bu Eva berkata "Pak Biakto. You win the pich" diiringi tepuk tangan yg hadir. #Indomie


ARTIKEL Terkait:
1. Brand Builder, kultwit oleh pak Subiakto
2. Branding for UKM, kultwit oleh pak Subiakto

catatan si nandar dari twitter #1

catatan si nandar dari twitter #1

04.24
Kultwit pakar Branding pak Subiakto +Subiakto Priosoedarsono twiiter: @subiakto
tentang BRANDING


1. BRAND hanya dibutuhkan utk bisnis jangka panjang. Utk bisnis jangka pendek anda cukup punya produk

2. Utk bisnis jangka panjang anda butuh Marketing-Skill. Utk bisnis jangka pendek anda cukup punya Sales-Skill

3. Jadi BRAND sama dgn Marketing? Tidak. Brand tidak ada dlm Marketing-Mix

4. Lalu BRAND itu apa?

5. BRAND bukan produk

6. BRAND bukan Logo

7. BRAND bukan Merek

8. BRAND bukan packaging atau kemasan

9. BRAND bukan Iklan

10. BRAND bukan promosi. Bonus atau hadiah

11. BRAND bukan pameran

12. BRAND bukan sosmed. Twitter, Facebook atau Instagram

13. BRAND adalah hubungan emosi antara konsumen dgn produk anda melalui pengalaman pertamanya yg berkesan

14. LOGO adalah bentuk visual yg menjadi tanda dari pengalaman pertama yg berkesan

15. SLOGAN adalah kata2 yg menggambarkan manfaat yg didapat lewat pengalaman kobsumen

16. PRODUK memberi manfaat FISIK. Lewat produk konsumen dapat APA.

17. BRAND memberi manfaat EMOTIONAL. Karena itu lewat brand konsumen menjadi SIAPA

18. BRAND itu ibarat CINTA. Pandangan pertama dan pengalaman pertama harus menimbulkan kesan yg tak terlupakan

19. Krn itu harus bs hadirkan emosi, excitment, ekspektasi, passion, surprise pd pengalaman pertama konsumen dgn produk anda

20. Bila anda mampu menghadirkan emosi to the max pd pengalaman pertama, itu adalah awal dari branding pada konsumen

21. Seperti halnya anda yg gak bakalan lupa nama cowok atau cewek yg memberi ciuman pertama hehehe

22. Jadi branding itu di awali dgn sebuah death-kiss of a product

23. Sebagai BRAND-builder anda hrs punya visi kedepan tanpa batas. Krn BRAND dibutuhkan utk business jangka panjang

24. Malah dlm banyak kasus BRAND masih hidup meski produknya sudah mati. Polaroid, Sakura Film, Odol, dll

25. Kalau sebatas BRAND dlm konteks product-branding masih sederhana. Masih bisa diatasi dgn produk, promosi atau trik2 lain

26. Kalau sdh bicara PERSONAL-BRAND agak sedikit rumit mengingat produknya adlh manusia. Faktor like-dislike dominan.

27. Kalau utk product-brand toolsnya manfaat, utk Personal-Brand toolsnya adalah issue utk menciptakan brand

28. Belum lagi kalau mau jadi CITIZÈN-BRAND, PLACE-BRAND dan bahkan CITY-BRANDING

29. 10 thn lalu PERSONAL-BRAND fibangun berdasarkan KOMPETENSI orangnya.

30. Sekarang personal-Brand dibangun melalui manajemen ISSUE utk menutupi kekurangan kompetensinya

ARTIKEL Terkait:
1.  2. Kisah Sukses Branding Indomie di bulan ramadhan, kultwit oleh pak Subiakto
2. Branding for UKM, kultwit oleh pak Subiakto