Ide Kampanye: #1 Stiker yang Manfaati

05.01


IdeKampanye.com -- Ketika jelang momen pilkada, salah satu sarana yang paling terjangkau & sering dipake adalah stiker.

Stiker berbahan kertas & plastik dengan perekat, mudah ditempel diberbagai media baik indoor mauoun outdoor.

Bila punya budget dana bnyak bisa cetak per rim atau kalau terbatas sekarang bisa cetak per lembar A3 sesuai kebutuhan bahkan di toko2 ATK dijual stiker berukuran A4 yg bisa dicetak dengan printer rumahan.

Secara bahan, menurut saya stiker masuk kategori yg tepat dijadikan media kampanye, lagi-lagi yg bermasalah sebagian besar adalah Konten & penempatan/pemanfaatanya.

Yang ada sekarang:

Stiker dicetak dengan berbagai ukuran dengan konten logo parpol, jargon, nomer urut & seringnya adalah foto calon.

Kalau saya pribadi, bakal enggan nempel stiker dengan desain demikian. Ngotori tempat & kurang bermanfaat.

Masih mending bika ditempel di rumah2 kader/simpatisan, yg lebih parah jika ditempel seenaknya seperti tiang listrik, tempok & rumah warga tanpa ijin lagi. Karena ada perekat stiker susah dihilangkan.

Solusi:
Seperi tulisan sebelumnya & yg akan datang, saya selalu konsisten. Perhatiakan 2 hal, Konten & Manfaat/fungsi.

Stiker kampanye tetap bisa jd stiker yang estetik (bernilai seni) & Bermanfaat (fungsional) dan tentu saja pesan kampanye tersampaikan.

Pinter2nya tim sukses, tim desain atau konsultan kampannyenya sih.

Contoh stiker kampanye yang bermanfaat:

1. Stiker Sign
Stiker bertuliaskan "sebelum masuk ketuk pintu" atau "sebelum masuk ucapkan salam"

2. Stiker Himbauan
"Jangan buang sampah sembarabg" "matikan lammpu bila tidal diperlukan" dll

3. Stiker kata mutiara
Dengan menempelkanya seseorang merasa jadi penginat & tentu saja terlihat keren.

Bagian terpenting adalah proporsi antara konten yang estetik & bermanfaat dengan konten kampanye. 

Konten positif harus lebih dominan & konten kampanye harus lebih sedikt tapi mengena & masuk dalam benak khalayak.

Caranya?
1. Gunakan warna brand identity untuk tema desain. Misal warna hitam-orange identik dgn PKS

2. Gunakan simbol unofficial yg terasosiasi dgn brand identity partai. Misal bulan sabit-padi kapas identik dgn PKS

3. Letakkan logo, nomor urut, slogan & ajakan memilih dengan posisi lebih kecil drpd konten. Misal dipojok/di sudut

4. Letakkan logo, nomor urut, slogan &ajakan memilih di packaging. Jd yang dikasih akan lebih nyaman. 99% pasti akan dibuang packagingnya tapi kan dia sudah lihat kampanyenya :)

Itu dulu guys, sampe jumpa di artikel selanjutnya, salam kreatif :) 

Nandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komentar Disini :