Ide Kampanye: Kumpulan Ide Kampanye yang Gak Biasa

05.27



IdeKampanye.com -- Belum ada webnya sih, tapi biar keren aja ditambahi .com, rekan-rekan pembaa blog Nandarart, sejak 2015 saya jarang mengisi konten di blog ini selain karena membuat blog yang agak serius yaitu Campusnesia.co.id dan CahPati.id juga karena beberapa tulisan biasanya saya post di facebook.

Tahun ini banyak orang bilang sebagai tahun politik hingga nanti 2019 saat pemilu tiba. Yang menarik karena memang tahun depan pemilu legislatif, eksekutif, presiden dan daerah akan dilaksanakan secara serentak, bersamaan.

Tahun 2018 jadi pemanasan, berbagai calon pimpinan daerah, pusat dan calon DPR mulai diperkenalkan ke publik. Dan semua aktifitas itu tidak terlepas dari yang namanya "Kampanye".

Bicara Kampanye, Bahkan sejak saya belum punya hak pilih, saya mencoba mencari sisi menarik dari kontestasi pemilu dan pilkada, ketika masih SD di pemilu 1998 saya tahu pertama kali apa itu kampanye, konvo dengan kendaraan membawa atribut, jaman dulu knalpot motor digeber biar berisik. 

Nandar kecil suka mengumpulkan kalender dan stiker kampanye parpol, namanya juga anak-anak, tapi bukan cuma buat mainan, saat itu nandar kecil punya ide, bikin logo jari simbol nomor urut partai dengan kertas dan diberi pegangan lidi samil muter-muter kampung membawa sepeda, Kampanye.

Aktifits sehari-hari saya di dunia merchandising dan digital printing akhirnya bersentuhan dengan atribut dan peraga kampanye, baik yang dipesan secara personal maupun sekedar probono bantu desain. Sejak di kampus bahkan.

Lingkungan ini membuat saya mengamati dan kemudian sering kali terbersit beberapa sikap kritis dan ide-ide tentang tata cara dan sarana yang digunakan untuk kampanye. Dulu saya menuliskan lintasan-lintasan pikiran itu di twitter dan kalau ada klient yang mau mesen peraga kampanye sesekali saya sampaikan ide itu, tidak cukup berdampak tetapi ada beberpa ide juga yang diterima beberpa calon. Dan ada yang berhasil jadi wakil rakyat. 

Nah agar lintasan-lintasan pikiran itu tidak hilang begitu saja, saya putuskan menulisnya dalam artikel bersambung di blog ini dengan Kolom Khusus IdeKampanye, paling tidak sudah ada 20 ide yang terlintas tetapi belum semua selesai dijabarkan, hingga 2019 semoga ide-ide ini bisa tertuang dalam tulisan semua dan bisa bermanfaat, ya minimal memberikan perspektif baru tentang ide kampanye bagi tim sukses, calon atau konsultan politik.

Tidak harus diadopsi 100% bisa saja setelah anda membaca gagasan-gagasan saya jadi terinspirasi membuat ide baru, kalau itu baik dan bermanfaat kan semoga saya kecipratan pahalanya, he he.

inilah ide-ide kampanye dari saya, Achamd Munandar (Klik pada judul untuk membaca):
4. Merchandise kampanye berfaedah
6. Konferensi pers sikap
9. Yg sdh kami lakukan
10. Melanjutkan
11. Masalah & solusi
12. Lomba yg kompetitif
13. Anti politik uang
14. Anti serangan fajar
15. Edukasi bgmna sehatusnya memilih
16. Caleg millenial bukan cuma jualan usia & tampang
17. Mail blast
18. Totebag
19. Pohon, bunga anggren dll flora
20. Pelatihan apapun deh

Tak ada jaminan, bahwa ketika anda mengaplikasikan ide-ide di atas akan meraup suara dan menang. Karena bukan itu point yang ingin saya sampaikan sebagai praktisi. Ide-ide di atas menurtut saya Next Level kampanye yang bermartabat dan gak norak. Setidaknya kalau gak menang anda sudah berkampanye dengan cara yang elegan dan bermartabat.

Kalau mau gampang sih, politik uang saja, serangan fajar. Tapi apakah anda mau menang dengan cara yang seperti itu? pilihan ada pada diri anda.

Semoga Bermanfaat, sampai jumpa, salam kreatif

Nandar 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komentar Disini :