saya BANGGA jadi PENJUAL KRIPIK PISANG

04.31
Perkenalkan nama saya NANDAR, profesi sebagai seniman  grafis, dan sekarang saya jualan Kripik Pisang....
     Sedikit cerita, kurang lebih 1 tahun yang lalu, saya di kirim ke UI oleh undip mewakili kampus kategori aktivis kewirausahaan dari Program Mahasiswa Wirausaha PMW 2009, LOETJU merchandise semarangan, bersama 2 rekan lain dari Aktivis mahasiswa, Asep Akmal A (ketua BEM FPIK 2011) dan Febriana Sartika Sari (mawapres III undip 2011). Dalam ajang indonesian Leadership Camp atau ILC 2011. Salah satu rangkaian acaranya yg menarik adalah Lomba Proposal Project Social dan seminar tentang Program Pemberdayaan Masyarakat,.

     Sangat menarik kami bertemu pendiri Dompet Dhuafa pak Eri Sadewo dan beberapa aktivis pemberdayaan masyarakat. Salah satunya pemenang lomba social project ILC tahun sebelumnya dengan produk jilbab kreasi yang di kerjakan oleh ibu-ibu mantan penderita kusta di daerah Sinatala, Tangerang. Nama project itu adalah Jilbab Kreasi Nalacity.

    Yang membuat saya semakin menarik  saya tinjau dari aspek bisnis marketing dan kreativitas, orang mau membayar mahal untuk satu buah jilbab hasil kreativitas ibu-ibu ini, hampir mendekati harga merk kerudung terkenal di negeri ini, sebut saja Rabbani,.

     Mungkin dari aspek kualitas bahan dan seni kreativitasnya tidak seberapa dalam meneingkatkan nilai ekonomis dari jilbab kreasi ini, di pasar juga tidak kalah banyak produk serupa dan bisa di dapat dengan harga lebih murah. Namun sekali lagi, orang-orang mau membeli pproduk ibu-ibu ini dengan harga yang tinggi dan bahkan mengenakan atau membeli produk ini bisa meningkatkan prestise dan kepuasan tersendiri.

    Nilai Empowering.
    Setelah beberapa waktu saya menelaah, satu jawaban yang membuat orang mau membayar mahal produk jibab kreasi ibu-ibu ini, dan mengapa bisa jadi kepuasan serta prestise, yaitu EMPOWERING. Secara luas dengan membeli produk ini sang pembeli tidak hanya memmebeli produk secara nilai kualitas tapi empowering, yaitu membantu pemberdayaan masyarakat mantan penderita kusta yang dlam kehidupan sehari-hari memang termarjinalkan begitu juga dalam kesempatan mencari penghasilan yang layak di banding orang-orang normal. Jadi pertimbangan konsumen tidak lagi hanya nilai ekonomis tapi juga nilai sosial ketika membeli produk ini.

     Dan hari itu kami pulang dari UI menyabet juara sosal project terbaik. Dengan program pemberdayaan masyarakat desa Rowosari kec.Tembalang yang secara potensi alam sentra penghasil Pisang dengan kualitas ekspor, namun secara potensi SDM masih lemah dalam mengekplorasi agar bisa menjadi komoditas ekonomi yang menghasilkan dan menyejahterakan.

      Alhamdulilah, di awali oleh rekan-rekan Komunitas Produkstif Beastudi Etos Semarang, sejak tahun 2009 kini desa Rowosari menjadi desa binaan, mulai dari aspek pendidikan, kesehatan serta ekonomi, salah satu hasil produk andalan nya adalah, aneka olahan buah pisang.
    
Saya bangga jadi penjual kripik..
      Produk andalan kami kripik buah pisang aneka rasa dengan branding ROBBANA (rowosari banana). Melalui produk ini kami ingin menjual snack banana crispy aneka rasa yang tidak hanya nikmat secra rasa namun dengan membelinya ANDA telah berprisipasi dalam program pemberdayaan masyarakat desa rowosari, karena semua keuntungan akan di gunakan untuk support program-program kami. Berawal dari jualan kripik kami yakin grand desain pemberdayaan masyarakat dari semua sisi pendidikan, sosial, kesehatan dll bisa terwujud.

     menghadirkan 4 pilihan rasa:
- Rasa Orisinil: tanpa bumbu rempah-rempah tanpa MSG, asli rasa yang keluar dari buahpisang memberi cita rasa tersendiri untuk di nikmati

- Rasa Gurih: Rahasia bumbu rempah-rempah warisan leluhur turun temurun gurih alami membuat lidah tidak mau berhenti untuk menikmati

- Rasa Manis: perpaduan manis asli buah pisang pilihan & rasa manis percikan air gula tebu asli, berpadu menjad imanis yang istimewa melapisi renyah & gurih pisangnya

- Rasa Pedas : cooming soon

     Pendek kata, bagi yang ingin membeli, menjadi agen, produk snack ROBBANA bisa datang ke outlet resmi kami di  jl. Banjarsari Gang. Iwenisari no. 7 a Tembalang-Semarang - Asrama Etos.

Ucapan terimaksih juga untuk rekan-rekan yang telah membantu program ini, LSM dan kelembagaan mahasiswa di undip serta berbagai sponshorship.
Semoga Allah SWT membalas dengan sebaik2 balasan.aminn

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komentar Disini :