LOETJU SUKSES dengan IDENTITAS KELOKALAN

09.03

Sebagai salah satu bentuk ikhtiar kami untuk terus menjadi salah satu usaha yang maju dan memajukan potensi kelokalan Kota Semarang melalui Merchandise : Liputan khusus Loetju Semarangan di majalah HADILA Edisi 71 . Semoga terus menyulut semangat untuk terus berkarya.

Majalah Hadila Edisi 71 | Mei 2013 | Kolom Usaha Kita


                                            

 Sukses dengan Identitas Kelokalan

Siapa bilang identitas kelokalan tidak bisa dijadikan modal berbisnis? Sebut saja nama besar produsen kaso seperti Dagadu di Yogyakarta atau Joger di Bali. Keduanya sama-sama menjual identitas kelokalan sebagai sumber inspirasi sekaligus modal dalam mendirikan sebuah bisnis.
                Ini pula yang menjadi andalan dari LOETJU Semarangan. Sebuah bisnis yang didirikan sekelompok mahasiswa Undip Semarang. Konsepnya sendiri ialah menjual oleh-oleh souvenir –pin, mug, gantungan kunci, stiker, kaso, jam, keramik, dll – yang bertemakan budaya Semarang dan kampus Undip. Selain itu, juga menerima order dengan tema sesuai permintaan konsumen.
                Adapun nama LOETJU sendiri dipilih lantaran visi bisnis yang produknya unik dan bisa bikin tersenyum. Maka, dipilih nama LUCU tapi ditulis dengan ejaan lama. Menurut Achmad Munandar direktur utama LOETJU Semarangan konsep bisnis berbasis kelokalan memang butuh kreativitas ekstra. “Alhamdulillah kami bisa bertahan. Dari sisi omzet kami bisa meraup setidaknya 20 juta rupiah sebulan” akunya.
                Sekalipun bisnis yang berdiri 2009 lalu ini sekedar menjual budaya lokal Semarang dan Undip, toh bisa melakukan penetrasi keluar. Buktinya, banyaknya order yang datang dari luar Semarang. Hal ini lantaran strategi pasar yang selalu menjual hal  yang baru. “Ide yang unik, kreatif, dan segar menjadi keharusan agar bisnis ini bisa bertahan,” terang Achmad.
                Bisnis yang berlokasi di Banjarsari No 21 Tembalang, Semarang (sekarang: JL Banjarsari gang Iwenisari No 35B Tembalang Semarang) ini dalam perkembangannya menargetkan bisa menjadi ikon Kota Semarang dan Undip. Juga bermimpi membuka cabag di daerah lain, “Dengan target ini kami berharap pemerintah peduli atau setidaknya apresiasi berupa pendampingan dan pengembangan karena bisnis ini juga berusaha engangkat Semarang lewat souvenir,” harapnya.
                Sementara disinggung soal tips untuk bertahan sekaligus membawa gerbong bisnis k level yang lebih tinggi, Achmad Munandar mengaku perlunya sikap memadukan ikhtiar sebagai manusia dan berdoa. “Jika kita mau fokus, dan mengorientasikan pekerjaan sebagai ibadah, kerja keras, ulet serta mau bersedekah, maka akan mudah bagi kita meraih kesuksesan.” Pungkasnya. (Syahidah)

Semoga Bermanfaat,
Kami bangga menjadi mitra andalan Anda, dan siap memberikan pelayanan yang terbaik..
Lucu ora Lucu, sing penting LOETJU ^_^
Loetju Semarangan, Jalan Banjarsari gang Iwenisari no 35 B Tembalang Semarang.
Hot line: 085 292 613 001

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komentar Disini :