Logo Unofficial icon Kota Semarang (Lawang Sewu) & Kampus Undip (Widya Puraya)

02.42
    Lama gak nulis di blog pribadi karena lagi banyak kerjaan dan proyek blog yang lain hii..hii yaitu blog tentang bacaan-bacaan parenting, balita dan anak-anak yang isinya artikel-artikel yang sudah-sedang-dan akan saya baca he..he.. namanya lucukids.blogspot.com.

    Nah kali ini saya akan sedikit berbagi tentang 2 karya terbaru saya dan proses kreatifnya, yaitu 2 logo Unofficial alias tidak resmi karena memang hanya bikinan pribadi bukan atas pesanan siapa2 dan belum digunakan instansi manapun. murni hasil karya sebagai kontribusi kreatif saya untuk institusi tempat saya menuntut ilmu yaitu kampus tercinta UNDIP  dan kota tempat saya tinggal kota Semarang Tercinta.

    Sebagai seorang desainer grafis dan selalu mengaku "seniman grafis" ha..ha..saya punya cara belajar khusus dalam mengasah skill desain saya, yaitu mencari pola dan ide dari desain yang sudah ada dan bila sudah ketemu, saya coba terapkan pola dan idenya tapi dengan tema saya sendiri. selama ini cara yang saya gunakan ini efektif men-improve skill saya dalam membuat karya-karya desain grafis serta untuk menghindari plagiat 100% atas karya orang lain, saya selalu menggunakan istilah "Terinspirasi dari karya fulanah/fulana" :).

    Dalam kaitannya 2 karya saya ini, karya yang menginpirasi saya yaitu sebuah desain yang ada di situs distrokdri.com karya yang saya maksud adalah sebuah desain dengan tema kota jakarta dengan konsep tulisan huruf "JKT" dengan tambahan desain icon kota jakarta yaitu monas.


ketika melihat dan mengamati desain tersebut, di kepala saya "ting!!" muncul ide, mengapa saya gak belajar membuat tema yang sama untuk kota Semarang dan kampus undip?

    Proses kreatif berlanjut dengan mencari icon kota semarang dan kampus undip yang bisa dieksekusi dengan konsep yang sama. nah dalam proses mencari icon ini menarik, misalnya mengapa untuk kota semarang tidak menggunakan icon Tugu Muda sebagaimana yang digunakan di desain Jakarta dengan Monanya? pertimbanagn saya adalah karena di akronim atau kependekan dari SEMARANG yaitu "SMG" huruf-huruf yang ada mempunya postur yang lebar, jadi susah bila hendak digunakan icon Tugu yang sama. akhirnya pilihan saya jatuh di icon yang lain yaitu Lawang Sewu untuk meneyesuiakan dengan postur akronimnya.

     Proses kreatif yang sama juga saya terapkan ketika memilih icon perpustakaan UNDIP yaitu Widya Puraya atau lebih dikenal dengan sebutan "WP" bukan hanya tentang postur tapi juga dengan pertimbangan bahwa selama ini icon kampus universitas diponegoro baru Patung Kuda yang diexpose padahal masih ada icon yang lain yang tak kalah iconik bila di ekspos misalnya WP ini atau gdg. GSG patung Sapi dll.

setelah memlalaui proses konsep-desain-revisi berikut penampakan karya saya tersebut :)

 1. logo Unofficial Kota Semarang (SMG) Lawang Sewu

karya baru saya, 26 Juni 2015 


2. logo Unofficial Universitas Diponegoro-perpustakaan Widya Puraya (WP)




Pentingnya logo unofficial

    Mengapa saya antusias dan excited dengan para pencipta icon dan logo unofficial karena menurut saya peranya sangat penting sebagai sarana Branding dan Promosi. seperti yang kita ketahui bersama sering kali logo-logo institusi itu formal dan kaku, ya itu wajar dan memang sudah seharusnya karena bagaimanapun mereka adalah institusi formal. tapi juga jangan dilupakan bahwa sasaran khalayak yang target institusi itu tidak melulu orang-orang serius atau orang-orang formal yang mudah menerima promosi dengan hal-hal yang formal dan kaku ha..ha..

   Banyak diantaranya adalah khalayak yang akan lebih mudah menerima promosi atau sosialisasi dengan cara-cara yang simple-iconik-mudah diingat happy n fun dan gak kaku :D
nah di sini peran logo atau icon unofficial yaitu membumikan spirit-spirit atau visi-misi ke khalayak dengan bahasa yang lebih "membumi" he..he..ini pendapat profesional saya sebagai seniamsn grafis #eaaaa :D

     Saya beri contoh siapa yang tidak kenal logo " I love NY " - " I ♥ NY "?
logo ini begitu mendunia, bahkan tanpa diminta atau di suruh orang-orang dibelahan dunia rela membuat logo itu sendiri, karena mendatangkan prestice tersendiri bagi yang memakai nya. yang untung siapa? jelas kota yang dimaksud New York, promosi gratis :)

demikian tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat dan karya saya bisa dimanfaatkan atau minimalmengisnpirasi anda untuk berkarya juga.. :)

salam Kreative 
saya Nandar :)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komentar Disini :