kita harus memaksakan diri menjadi "BESAR" atau lingkungan yang akan memasa kita

03.30
...beberapa waktu yang lalu saya agak shock dan ragu, dan begitu juga teman-teman di asrama hampirsemua tertawa dan tidak percaya dengan yang saya alami. apa itu? datang beberapa mahasiswa dengan tujuan mengajukan sponsorship ke nandarart (usha saya). bagaiman tidak ditertawain, kadang untuk mengambil pesanan saja saya masih minjem temen boeh dikata penghasilan dari nandarart baru cukup untuk memenuhi kebutuhan sendiri tapi diminta jadi sponsorship..

cerita diatas adalah kali pertama tawaran saya menjadi sponsorship setelah sekian lama bergelut dengan usaha desain grafis dan souvenir outlet. terjadi gejolak saat itu saya ambil atau tolak. ambil berarti harus ambil resiko sebagai sponsorship paling tidak memberikan sesuatu kepada pihak yang mengajuka, kalau saya tolak mungkin sudah sewajarnya apabila alasannya adalah karena usaha yang masih kecil-kecilan.

saya mencoba memikirkan baik-baik ap yang bisa saya lakukan, saya kaitkan bahwa kedepan tidak selamanya saya bercita-cita menjadi seperti ini terus (usaha kecil-kecilan) suatu saat saya ingin besar dan ketika besar maka salah satu yang akan terjadi maka akan banyak yag mengajukan sponsorship juga. pertanyaannya ambil sekarang atau nunggu nanti jadi besar?
saya coba menggunakan analogi, bahwa salah satu ciri atau indikasi sebuah usaha "dianggap " besar adalah ketika usaha itu dimasukin tawaran sponsorsip persepsi ini saya samakan ketika saya menjadi penyelenggara kegiatan juga biasanya itu pertimbangnannya.

akhirnya keputusan saya ambil bahwa tawaran itu saya coba terima dengan point kerjasama atau imbal balik yang akan aya berikan adalah yang usaha saya mapu berikan dengan tidak mengalami kerugian, minimal impas atau saya usahan saya masih untung. dan yang saya tawarkan adalah saya akan memberikan desaian gratis untuk acara itu, souvenir sebagai doorprise acara mereka dan kalau ada yang dicetak atau dipesan dari produk saya akan saya berikan discount.

ternyata mereka menerima, dan kompensasi untuk saya adalah pemasangan logo nandarart di pamflet, sapnduk, backdrop, kocard dll. disini kadang saya tidak dapat untung secara materi atau paling kalau ada sedikit tapi keuntungan kan tidak selamanya berupa materi dan itu yang saya dapat. nandarart semakin dikenal dan saya yakin ini slah satu jalan menuju "BESAR" yang aya maksud.setelah satu kejadian ini berkutnya sudah banyak yang menawarkan kerja bareng ke nandarart.diantara nya:: KSR UNDIP, QMC, KOTABULAN, FSI dll

intinya semua orang yang punya usah pasti ingin ushanya menjadi besar tetapi akan lama jika menunggu sampai benar-benar sendiri dengan usaha mereka sendiri, maksudnya tanpa partner yang mebesrkan salah satu dengan jalan tadi. atau kalau kita tidak berusaha menjadi besar sendiri maka lingkungan akan memeberikan tantangan dan pilihan dengan contoh kondisi tadi.jika kita ambil kesempatan untuk menjadi besar itu maka walau tidak seberapa yang kita lakukan pelan-pelan kita akan jadi besar dengan sendirinya, tapi ada kemungkinan ketika kita abaiakan atau lepas maka kita akan di tingalkan dianggap kecil atau akan butuh waktu lama dengan melaukankannya sendiri.
maka jadi besar atau ditinggalkan?

semoga bermanfaat
salam sukses dari nandarart
085 226 967 675

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komentar Disini :