REVISI “DESAIN” MIMPIMU

11.30
Revisi, sebuah kata yang tidak asing, dan saya yakin kebanyakan orang ketika mendengar kata ini pasti yang pertama kali terlintas di benaknya adalah konotasi negative. Dalam dunia kita sehari-hari kata ini lebih sering diartikan mengulangi atau memperbaiki suatu pekerjaan yang belum sepenuhnya benar. Akrab sekali dalam dunia akademis dan perkantoran. Biasanya berhubungan dengan karya tulisan berupa laporan atau proposal.

Tapi jangan salah dalam dunia desain grafis istilah yang satu ini juga familiar lho. Tapi apa hubungannya dengan mimpi? Ada dong, tapi sebelum kita membahas tentang revisi mimpi, simak dahulu pengantar dengan analogi dunia desain berikut ini.



“Hampir tiap kali ada order bisa dipastikan akan ada beberapa kali revisi untuk mencapai sebuah kesepakatan atau kepuasaan pelanggan. Mengapa karena bukan hal yang mudah menerjemahkan imajinasi client yang biasanya berupa diskripsi tentang suatu bentuk atau model . sehingga yang bisa dihasilkan pertama kali bisa dikatakan konsep dasar(draft), ada proses penyempurnaan di mana dalam proses ini, andil client dalam memberikan masukan sesuai keinginannya menjadi factor utama.

Misal sebuah order dari client sebuah kursus bahasa inggris di semarang yang menggunakan metode singapura. Proses awal adalah penyerahan materi desain, termasuk diskripsi lembaga, tujuan, tagline, dominasi warna yang di inginkan dan identik dengan obyek apa. Oleh penulis diterjemahkan menjadi gambar (1), kebetulan skali dengan penambahan siluet ikon singapura singa, pemilihan huruf, dominasi warna ungu dan ditambahakan potongan warna putih dengan sedikit transparansi serta bumbu shadaw, client merasa cocok.

Revisi yang ada adalah setelah lembaga ini meneliti secara seksama ada kesalahan pada ejaan, bukan ECS (English course Singapore), tetapi yang benar adalah ESC (English Singapore course). Artinya saya harus menggeser posisi siluet dari paling tepi ke tengah. Dan ditambahkan outline pada kepanjangan ESC, kali ini saya menggunakan teknik counture.hasilnya gambar (2)

Ini termasuk singkat lho, biasanya revisi bisa sampai sepuluh kali.



Semoga anda menjadi ngeh dengan analogi kata revisi dalam dunia gafis, untuk mengkaitkan dengan mimpi saya punya beberapa kesimpulan dari proses di atas,

1. Revisi bisa terjadi dengan syarat ada draft awal.

Begitu juga dalam terapan tentang cita-cita atau mimpi hidup kita, bagaimana bisa kita memperbaiki mimpi kalau belum punya mimpi, padahal salah satu kunci sukses dalam hidup harus punya mimpi atau cita-cita atau live mapping. pertanyaanya sudahkan anda bermimpi?

1. Revisi dilakukan apabila merasa apa yang sudah ada belum bisa memenuhi hasil yang di inginkan.

Aplikasinya, apabila ternyata dari sekian mimpi yang anda tulis atau rencanakan di perjalanan atau pada stage-stage tertentu setelah dievaluasi belum bahkan tidak sesuai dengan yang anda inginkan maka revisilah mimpi anda.

1. Revisi bukan berarti mengulang dari awal dan menghancurkan yang ada, tapi

lebih kepada memperbaiki atau menyempurnakan.

Ketika kita gagal dalam sebuah mimpi kita, berdasarkan pengalaman kita tidak harus mengubur mimpi yang ada dan mengganti dengan yang baru, cukup lakukan perbaikan dimana yang belum benar dan maksimal.



Dan sebagai kesimpulan, saya berpendapat apabila anda merasa bahwa saat ini kondisi anda tidak memungkinkan dengan mimpi anda, maka revisi mimpi itu agar anda bisa mencapainya. Dan kalau anda ingin lebih luar biasa dari sekarang di masa depan, maka segera tengok mimpi hidup anda dan segera revisi agar lebih baik. Satu-satunya cara memperbaiki apa yang pernah terjadi agar lebih baik di masa yang akan datang adalah dengan me-revisi mimpi kita.

Terima kasih, inspirasi revisi mimpi ini dari diskusi dengan mas P-Man.sampai jumpa ditulisan berikutnya.

Saya master nandar:

owner kios grafis nandarart



Terimakasih oder selama ramadhan:

- kartu nama-pak agus sugito (pendamping etos semarang)

- kartu nama-mas nurul ichsan (manajemen RPA UNDIP)

- kartu nama-mas p-man (CEO QMC semarang)

- kartu lebaran-yayi (RACANA UNDIP)

- video profile&kartu lebaran-panca (BEM FPIK UNDIP)

- kartu lebaran-aini (FOSIMMIK UNDIP)

- kartu lebaran-keluarga besar yendhi

- desain proposal-ana (DIMAS BEM KM UNDIP)

- sertifikat mawapres-revi (mawapres FISIP UB)

- backdrop&plakat-eka (DESPOL UNDIP)

- plakat-yudit (TIM KKL SOSEK FAPET UNDIP)

- jam dinding-mas wahyu (DPUDT semarang)

- pin ekslusif-ika (FAPET UNDIP)

- desain warung angkring bamboo-pak siswadi

- kaos-ryan (peek a boo punk rock band)



dan teman-teman semuanya, semoga bemanfaat:

hotline:085226967675

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komentar Disini :