Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa

22.01
     Bicara ibadah kurban maka kita akan selalu diingatkan akan keteladanan kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Setiap hari raya Idul Adha kita diperintahkan Allah untuk menyembelih hewan kurban sesuai kemampuan yang kita miliki, bisa dengan kambing, sapi, kerbau, ataupun unta. Hewan kurban yang disembelih kemudian dibagikan kepada warga sekitar. Pada hari itu tercipta suasana kekeluargaan, gotong royong, kepedulian, kedekatan, kedermawanan, dan semua orang bahagia menikmati daging kurban bersama-sama. Namun, ada beberapa wilayah di Indonesia yang belum bisa merasakan suasana itu. Ada saudara-saudara kita yang jarang bahkan hampir tidak pernah menyaksikan penyembelihan hewan kurban di daerahnya. Oleh karena itulah, Dompet Dhuafa (DD) mencetuskan program Tebar Hewan Kurban atau yang biasa dikenal dengan istilah THK.
     THK bermaksud menghimpun dana kurban dari masyarakat metropolitan dan perkotaan, kemudian mendistribusikannya ke daerah-daerah marginal, pedesaan, dan daerah bencana yang mereka jarang sekali menikmati hewan kurban. Program yang masif dan kolosal ini tidak mudah untuk dilakukan karena ada puluhan ribu ekor hewan kurban yang didistribusikan dan melibatkan berbagai elemen yakni pekurban, mitra, peternak, dan masyarakat penerima manfaat. Oleh karenanya, program THK yang masif ini harus dikelola secara struktural dan sistematis. Alhamdulillah sampai periode yang ke-22 ini, THK terus mendapatkan kepercayaan masyarakat yang begitu tinggi.

Ada beberapa benefit bila kita menyalurkan kurban melalui THK DD :
1.    Melaksanakan ajaran Agama dalam bentuk kepedulian sosial
2.    Membantu mendistribusikan daging ke daerah-daerah minus
3.    Membantu mengatasi masalah kekurangan pangan bagi warga miskin
4.    Membantu meningkatkan kesejahteraan peternak
5.    Membantu memberikan pendapatan bagi pedagang dan mitra kerja lainnya
6.    Membantu mengalirkan uang dari pusat (kota) ke daerah
7.    Membantu meningktakan pemanfaatan produk lokal
8.    Membantu meningktakan pertumbuhan ekonomi
9.    Meningkatkan syiar Islam

     Coba bayangkan, suatu daerah yang sebelumnya tidak pernah dilakukan penyembelihan hewan kurban kemudian ada hewan yang dikirim ke sana untuk disembelih. Maka, selain mereka bisa menikmati daging kurban, syiar islam juga akan sangat dirasakan. Mereka akan melihat prosesi penyembelihan hewan kurban, melantunkan takbir bersama-sama, bergotong royong memotong daging dan membagikannya. Mereka menjadi tahu seperti apa pelaksanaan kurban, tidak hanya sekedar mendengarkan dari ceramah. Disamping itu, akan tumbuh motivasi bagi mereka untuk bisa berkurban sendiri di tahun-tahun berikutnya dengan meningkatkan etos kerja.
Bagi Anda dari Semarang dan wilayah Jawa Tengah, dapat menyalurkan kurbannya melalui DD Jateng.

Transfer :
BNI Syariah : 33.11.55.77.29 BCA : 009.535.947.2
Layanan Jemput Kurban :
024-7623884 atau sms center 0811275335

Kambing Standar : Rp. 1.850.000 Kambing Premium : Rp. 2.450.000 Sapi : Rp. 12.950.000

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komentar Disini :