Ide Kampanye: #5 Kampanye Mengatasi 3 Kemiskinan

05.23


IdeKampanye.com -- Kalau kita belajar ttg sosial entrepreneurship, pasti kita tdk asing ttg pemetaan kemiskinan yg kemudian dijadikan landasan menetukan program penangananya.


Cara ini bisa digunakan juga oleh parpol & calon untuk berkampanye.

Saya pribadi lebih prefer ke parpol, agar kemudian ada kemajuan dalam hal keseriusan parpol dlm hal memperbaiki kehidupan masyarakat. 

Agar kesan bahwa parpol peduli saat menjelang pilkada & pemilu saja. Karena sejatinya kerja2 pengabdian memang harus berkelanjutan.

Nah sy ingin sampaikan dulu 3 hal pemetaan kemiskinan di atas:

1. Miskin Menyerah
Yang masuk kategori ini adalah lansia yg sdh tdk memungkinkan untuk bekerja & usaha. Solusinya adalah dgn "pelayanan" dibangunkan rumah layak, diberi bantuan sandang-pangan selama mungkin dibutuhkan.

2. Borpotensi Miskin
Tadinya tidak miskin tp karena satu hal yg bersifat tiba2 bisa saja jd miskin. Misal masyarakat dalam keadaan Bencana, masyarajat harus mengungsi pasti terhambat aktivitas bekerja & usahanya. Solusi "mitigasi" dibangunkan tempat pengungsian, kesehatan, makanan & altwrnatif pekerjaan hingga situasi normal. Nah akan bagus sekali jika ada divisi "kerelawanan" disetiap partai. Hingga saat ini yg konsisten adalah PKS menurut catatan saya.

3. Miskin Berpotensi
Dari keluarga miskin tapi punya potensi yang kalau dibantu akan bisa mandiri & memutus rantai kemiskinan. Contoh keluarga miskin punya anak yg pandai, solusi diberi beasiswa hingga berkesempatan mendapat pendidikan yg baik & bisa mencari kerja atau usaha untuk mandiri & membantu keluarga.

Tapi ada catatan ya, kalau bantuan sosial & mitigasi relawan bis dilakukan atas nama partai. Ttg beasiswa bisa dipikirkan lagi caranya. Tapi untuk pengembangan skill bisa dengan pelatihan-pelatihan atas nama partai.

Semog bermanfaat, sampai jumpa, sapam kreatif.

Nandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komentar Disini :